Breaking News:

Tembakkan Rudal saat Latihan Militer, Iran Malah Kenai Kapal Sendiri, 19 Pelaut Tewas dan 15 Cedera

Sebanyak 19 pelaut tewas dan 15 luka-luka setelah mengalami kecelakaan yang melibatkan kapal-kapal angkatan laut Iran di Teluk Oman.

Al Jazeera English
Konarak secara tidak sengaja terkena rudal anti-kapal yang ditembakkan oleh Jamaran selama latihan di dekat pelabuhan Jask. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebanyak 19 pelaut tewas dan 15 luka-luka setelah mengalami kecelakaan yang melibatkan kapal-kapal angkatan laut Iran di Teluk Oman.

Media Iran melaporkan bahwa kapal Konarak ditabrak oleh rudal anti-kapal terbaru yang sedang diuji oleh fregat Jamaran selama latihan pada Minggu lalu, sebagaimana dikutip dari BBC

Menurut laporan yang ada, fregat Jamaran secara tidak sengaja menembakkan rudal C-802 Noor ke kapal saudara selama latihan militer.

"Insiden itu terjadi di pinggiran pelabuhan Bandar-e Jask di Iran selatan di Teluk Oman selama latihan Angkatan Laut Iran pada hari Minggu sore, di mana 19 pelaut tewas dan 15 lainnya terluka," kata TV pemerintah dikutip dari Israel Hayom.

Baca: Iran Buka Sementara Seluruh Masjid saat Kasus Virus Corona Belum Mereda

Baca: Gempa Berkekuatan 5.1 Melanda Iran, Satu Orang Dilaporkan Tewas, 7 Lainnya Terluka di Teheran

Kapal Klos-C yang berbendera Panama memasuki wilayah pelabuhan Eilat, Israel, Sabtu (8/3/2014), dikawal ketat pasukan AL Israel. Beberapa hari lalu, kapal ini dicegat AL Israel di Laut Merah karena diyakini membawa persenjataan canggih dari Iran menuju ke Jalur Gaza.
Kapal Klos-C yang berbendera Panama memasuki wilayah pelabuhan Eilat, Israel, Sabtu (8/3/2014), dikawal ketat pasukan AL Israel. Beberapa hari lalu, kapal ini dicegat AL Israel di Laut Merah karena diyakini membawa persenjataan canggih dari Iran menuju ke Jalur Gaza. (AFP)

Konarak, kapal pendukung kelas Hendijan yang sedang latihan dikabarkan terlalu dekat dengan target dari fregat Jamaran.

Jadi sebenarnya fregat Jamaran telah menargetkan kapal lain untuk dirudal.

Insiden kebakaran karena kecelakaan persahabatan itu terjadi di dekat pelabuhan Jask, sekitar 1.270 kilometer ke tenggara Teheran, di Teluk Oman di dekat Selat Hormuz.

Diketahui Selat Hormuz merupakan sebuah jalur air yang strategis karena sekitar seperlima lalu lintas minyak dunia ada di sana.

Dalam insiden, Angkatan Laut mengatakan kapal itu ditarik ke darat untuk diselidiki lebih lanjut.

"Pada Minggu malam selama latihan angkatan laut yang dilakukan oleh sejumlah kapal angkatan laut di perairan Jask dan Chabahar, sebuah kecelakaan terjadi yang melibatkan kapal pendukung kapal cahaya Konarak."

Halaman
123
Berita Populer
Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved