Virus Corona

Menlu Jepang Ungkap Obat Avigan Sudah Dikirim ke Indonesia

Dia mengatakan pengiriman Avigan ke Indonesia serta bantuan lain produk perlindungan medis Jepang untuk Indonesia.

Richard Susilo
Menteri luar negeri Jepang Jepang Toshimitsu Motegi (67) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengungkapkan Jepang telah mengiriman obat Avigan kepada Indonesia, Kamis (14/5/2020) kemarin.

"Indonesia kemarin dikirimkan obat Avigan. Lalu 45 negara yang rencana akan segera dikirimkan obat tersebut karena telah masuk daftar. Sisanya sekitar 35 negara masih terus dalam pertimbangan lebih lanjut," kata Menteri Toshimitsu Motegi, Jumat (15/5/2020).

Hal senada juga diungkapkan PM Jepang Shinzo Abe kepada Tribunnews.com kemarin. Dia mengatakan pengiriman Avigan ke Indonesia serta bantuan lain produk perlindungan medis Jepang untuk Indonesia.

Sementara itu menteri Motegi juga mengungkapkan lebih dari 9.000 warga Jepang yang berada di luar negeri sedang dalam proses pemulangan ke Jepang.

"Untuk bisnis negara asing yang membuka diri juga mulai berlangsung sedikit demi sedikit seperti Hungaria kemarin mengumumkan membuka diri untuk kalangan bisnis Jepang apabila mau datang ke sana," kata menteri Motegi.

Baca: Viral Bandara Soetta Dipadati Ribuan Pemudik Saat PSBB, Hotman Paris, Aturan Mana yang Benar?

Menlu Motegi berharap perlahan-lahan akan membuka diri termasuk untuk urusan bisnis antar negara.

"Semua step by step approach dan melihat situasi kondisi yang ada termasuk keadaan penyebaran penyakit corona ini," ujarnya.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved