Virus Corona

Profesor Jepang Sarankan Saat Jogging Ketemu Orang Harus Pakai Masker

Yamanaka memberikan saran bagi para pelari (jogging) agar kalau berdekatan dengan orang lain haruslah pakai masker.

Richard Susilo
Prof. Shinya Yamanaka (57) peraih nobel kedokteran tahun 2012. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Prof. Shinya Yamanaka (57) peraih Nobel kedokteran tahun 2012 menyarankan agar setiap orang yang sedang jogging bertemu orang lain sebaiknya saling memakai masker.

"Mengenai Maraton 2021 mohon maaf saya tidak memberikan panduan atau saran," papar ungkap Profesor Yamanaka melalui wakilnya kepada Tribunnews.com Jumat ini (15/5/2020).

Meskipun demikian Yamanaka memberikan saran bagi para pelari (jogging) agar kalau berdekatan dengan orang lain haruslah pakai masker.

"Saat itu bulan Mei 2020 dan jumlah hari yang semakin panas dan lembab meningkat. Saya khawatir tentang stroke panas dalam menjalankan kehidupan mulai sekarang. Kami merekomendasikan pagi dan malam hari kalau mau melakukan jogging," tulisnya dalam web yang dibuatnya.

Menurutnya jika sendiri saat jogging tidak ada masalah tanpa masker.

"Jika tidak ada pejalan kaki di sekitar dan Anda berlari sendirian, Anda tidak perlu masker dan menyegarkan (jangan lupa membawa reflektor dan lampu di malam hari). Namun saat ada pejalan kaki di sekitarnya, kenakan masker dan lari perlahan," tekannya lagi.

Menurutnya perlu diperhatikan kenyamanan bersama saat berada di luar pula bagi semua orang.

"Apakah Anda berlari atau berjalan-jalan, saya ingin merasa nyaman satu sama lain," tambahnya.

Sementara itu saran bagi para pelari juga diberikan Prof. Nobuya Kuno, yang berspesialisasi dalam kebijakan kesehatan di Universitas Tsukuba, dan membuat video yang memperkenalkan langkah-langkah pencegahan infeksi terhadap virus corona baru ketika joging dan mulai mendistribusikannya di YouTube.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved