Breaking News:

Virus Corona

Masjid Al Aqsa akan Dibuka Kembali Usai Idul Fitri, Mekanismenya Sedang Dibahas

Salah satu situs suci bagi umat Islam itu ditutup pada akhir Maret, pertama kalinya dalam 50 tahun terakhir

REUTERS
Ribuan warga Muslim Palestina memadati Masjid Al-Aqsa setiap waktu Shalat Jumat. 

TRIBUNNEWS.COM, YERUSALEM - Sempat ditutup karena pandemi virus corona atau Covid-19, Masjid Al Aqsa di Yerusalem rencananya bakal kembali dibuka.

Melansir Kompas,com, pihak pengelola akan membuka kembali Masjid Al Aqsa selepas Idul Fitri. 

Baca: 5 Rekomendasi Film Keluarga di Netflix Buat Habiskan Libur Idul Fitri

Diketahui, Masjid Al Aqsa telah ditutup selama kurang lebih 2 bulan ini.

"Dewan memutuskan untuk mencabut larangan bagi peziarah untuk memasuki Masjid Al Aqsa setelah libur Idul Fitri," ujar organisasi Waqaf.

Salah satu situs suci bagi umat Islam itu ditutup pada akhir Maret, pertama kalinya dalam 50 tahun terakhir, tindakan pencegahan dari wabah virus corona.

Direktur masjid, Omar al-Kiswani, mengungkapkan bahwa dia berharap tidak ada pembatasan terkait jemaah yang hendak memasuki situs suci.

Meski begitu dilansir AFP Selasa (19/5/2020), al-Kiswani menerangkan pemerintah setempat akan mengumumkan seperti apa mekanisme operasionalnya.

Dia menuturkan, mekanisme itu didiskusikan untuk memastikan pihaknya tidak dikecam karena dianggap melanggar aturan kesehatan.

Bangunan masjid, yang berada di Kota Tua Yerusalem, dilaporkan sering menjadi salah satu lokasi konflik antara Israel dengan Palestina.

Dikenal sebagai Haram al-Sharif, bangunan itu berada dalam perlindungan Jordania yang juga berkuasa atas Tepi Barat, sebelum Perang Enam Hari 1967.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved