Breaking News:

Virus Corona

WHO Hentikan Sementara Penggunaan Hidroksiklorokuin karena Masalah Keselamatan Nyawa

WHO hentikan uji coba penggunaan hidroksiklorokuin, obat yang direkomendasikan Presiden AS Donald Trump untuk menangani Covid-19.

GEORGE FREY / AFP
Sebotol dan pil Hydroxychloroquine di meja di Rock Canyon Pharmacy di Provo, Utah, pada 20 Mei 2020. Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada 18 Mei bahwa dia telah menggunakan hydroxychloroquine selama hampir dua minggu sebagai tindakan pencegahan terhadap COVID-19. 

TRIBUNNEWS.COM - WHO hentikan uji coba penggunaan hidroksiklorokuin, obat yang direkomendasikan Presiden AS Donald Trump untuk menangani Covid-19.

Seperti yang diberitakan Arab News, Trump mendorong penggunaan hydroxychloroquine (hidroksiklorokuin) sebagai obat potensial untuk penanganan virus corona, yang telah menginfeksi hampir 5,5 juta orang dan menewaskan 345.000 di seluruh dunia.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro juga sangat mempromosikan hydroxychloroquine.

Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Senin (25/5/2020) bahwa mereka menghentikan pengujian obat itu setelah penelitian meragukan keamanannya.

Bahkan ada satu studi yang diterbitkan Jumat lalu yang menemukan bahwa obat itu meningkatkan risiko kematian.

Baca: Donald Trump Klaim Rutin Konsumsi Hidroksiklorokuin untuk Cegah Corona

Sebotol dan pil Hydroxychloroquine Hidroksiklorokuin
Sebotol dan pil Hydroxychloroquine di meja di Rock Canyon Pharmacy di Provo, Utah, pada 20 Mei 2020. Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada 18 Mei bahwa dia telah menggunakan hydroxychloroquine selama hampir dua minggu sebagai tindakan pencegahan terhadap COVID-19. (GEORGE FREY / AFP)

"WHO telah menghentikan sementara uji coba hidroksiklorokuin sementara data keamanan masih terus ditinjau," ujar ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Sementara itu, Trump mengumumkan minggu lalu bahwa ia menggunakan obat itu.

Ia memutuskan untuk mengkonsumsi obat itu setelah menerima surat dari dokter dan orang lain yang menganjurkannya.

"Saya pikir itu bagus. Saya sudah mendengar banyak cerita bagus," kata Trump kepada wartawan saat itu, menyatakan bahwa obat itu aman.

Baca: Studi: Pasien Corona yang Diberi Hidroksiklorokuin Miliki Tingkat Kematian yang Lebih Tinggi

Trump kemudian menolak pendapat para ahli yang telah memperingatkan risiko serius yang terkait dengan hydroxychloroquine.

Halaman
1234
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: bunga pradipta p
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved