Breaking News:

Teknologi AI Masuki Ranah Media, Puluhan Kurator Konten Digantikan Teknologi Penulisan Otomatis

Microsoft pun telah menyampaikan kepada sejumlah jurnalis pada Kamis lalu bahwa mereka bisa saja dipecat dan digantikan dengan AI

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Saat perusahaan media menghadapi tekanan keuangan dan teknologi penulisan otomatis semakin berkembang dan tersebar secara luas, pergeseran dari konten buatan manusia ke Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) pun tampak biasa saja.

Perusahaan raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Microsoft pun telah menyampaikan kepada sejumlah jurnalis pada Kamis lalu bahwa mereka bisa saja dipecat dan digantikan dengan teknologi kecerdasan buatan.

Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (1/6/2020), para karyawan yang dipekerjakan untuk bekerja di situs web Microsoft MSN dan browser Edge yang digunakan oleh jutaan orang Inggris setiap harinya pun diberitahu bahwa keterampilan mereka tidak lagi diperlukan.

Karena AI dapat melakukan semua pekerjaan yang mereka lakukan saat ini.

27 orang dari PA Media juga diberitahu bahwa dalam waktu sebulan ini, mereka tidak akan lagi memiliki pekerjaan setelah Microsoft membuat keputusan bahwa tugas untuk membuat, mengedit, dan memilih artikel 'tidak lagi' dilakukan oleh manusia.

Menurut Microsoft, ini disebabkan oleh perubahan global ke arah pembaharuan berita otomatis.

"Saya menghabiskan seluruh waktu saya membaca tentang bagaimana otomatisasi dan AI bisa mengambil semua pekerjaan kami, dan inilah saya, AI telah mengambil pekerjaan saya," kata seorang staf dari PA Media.

Karyawan tersebut mengatakan bahwa langkah penggantian manusia dengan teknologi AI sangat berisiko.

Karena para staf saat ini harus menjaga 'pedoman editorial yang sangat ketat' agar konten yang keras atau tidak pantas, tentunya tidak muncul di browser pengguna.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved