Breaking News:

Virus Corona

Pemda Kobe Jepang Kerjasama Medicaroid Corporation Implementasikan Robot Buat Pengujian Tes PCR

Sistem Robot untuk pengumpulan sampel yang dioperasikan dari jarak jauh bisa juga melakukan pengujian PCR robot otomatis.

Medicaroid Corporation
Penggunaan robot untuk sistim pengujian tes PCR. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dalam persiapan untuk menghadapi gelombang kedua penyakit virus corona baru, Pemerintah Kota Kobe telah membuat keputusan untuk memulai proyek kolaborasi dengan Medicaroid Corporation yang berkantor pusat di Kobe untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem robot otomatis untuk melakukan tes PCR dan melakukan berbagai fungsi lainnya.

"Dengan menerapkan pengujian PCR robot otomatis dan sistem perawatan keperawatan yang dioperasikan dari jarak jauh, kami bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengujian kami, dan mengurangi beban kerja dan risiko infeksi bagi para profesional medis," ungkap CEO Medicaroid Corporation, Yasuhiko Hashimoto.

Sistem robot untuk pengumpulan sampel yang dioperasikan dari jarak jauh bisa juga melakukan pengujian PCR robot otomatis. Juga sistim perawatan untuk pengiriman makanan dan pemantauan tanda-tanda vital pasien.

Sebagai pengembang sistim robot adalah Medicaroid Corporation yang merupakan perusahaan patungan Kawasaki Heavy Industries, Ltd. dan Sysmex Corporation.

Adapun tanggung jawab Pemerintah Kota Kobe adalah melakukan koordinasi umum dengan rumah sakit, fasilitas penginapan untuk pasien dengan gejala ringan dan organisasi lain untuk memastikan implementasi sosial proyek.

Dukungan oleh koordinator dari Foundation for Biomedical Research and Innovation di Kobe.

Pemda Kobe juga memberikan dukungan keuangan terhadap biaya pengembangan sistim robot tersebut.

Sebagai dampak yang diharapkan pada proyek tersbeut diharapkan dapat mengurangi beban kerja dan risiko infeksi pada profesional medis. Demikian pula memungkinkan perluasan kemampuan pengujian kota.

Proyek robot tersebut dilakukan bulan Juni ini hingga September 2020 berupa Desain, pembuatan, dan evaluasi sistem robot.

Kemudian Oktober 2020 pada sistem ini diharapkan dapat beroperasi di berbagai rumah sakit dan fasilitas lainnya yang terletak di dalam Cluster Inovasi Biomedis Kobe.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved