Breaking News:

Thailand Gelar Pemilihan Umum Pertama Di Tengah Pandemi Covid-19

Pemerintah Thailand menyelenggarakan pemilihan umum untuk pertama kalinya di tengah penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

zoom-inlihat foto Thailand Gelar Pemilihan Umum Pertama Di Tengah Pandemi Covid-19
Bendera Thailand

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM – Pemerintah Thailand menyelenggarakan pemilihan umum untuk pertama kalinya di tengah penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Dilansir dari Bangkok Post, pemilihan pertama sejak wabah Covid-19 telah diadakan di provinsi Lampang, Thailand pada hari Sabtu (20/6/2020) dengan prosedurkesehatan yang ketat.

Pemilihan diselenggarakan untuk Konstituensi 4 untuk menggantikan Ittirat Chantharasurin, seorang anggota parlemen untuk provinsi Pheu Thai yang meninggal pada 7 Mei.

Daerah pemilihan meliputi empat kabupaten di wilayah tersebut yaitu; Ko Kha, Soem Ngam, Sop Prap, Thoen dan Mae Phrik.

Empat dari lima kandidat berasal dari partai koalisi: Wattana Sitwang dari Palang Pracharath (No.1), Ampin Kamsriwan dari Palang Thongthin Thai (No.3), Ong-art Sin-ananset dari Thai Rak Tham (No.4) dan Patitta Chaimoonchuen dari Ekonomi Baru (No.5).

Hanya Pol Lt Somboon Klapachon (No.2) yang menjadi kandidat dari oposisi Partai Seri Ruam Thai.

Partai oposisi Pheu Thai telah merencanakan untuk menurunkan seorang kandidat untuk mempertahankan kedudukannya tetapi Pinit Chantharasurin, ayah dari anggota parlemen yang telah meninggal, menarik diri pada menit terakhir, dengan mengatakan ia lebih memilih mencalonkan diri sebagai presiden organisasi administrasi provinsi nanti.

Karena undang-undang mengharuskan calon harus disaring sebelum diajukan oleh suatu partai - suatu proses yang membutuhkan waktu - Pheu Thai tidak dapat menemukan kandidat baru sebelum batas waktu pendaftaran 26 Mei, hanya menyisakan kandidat Seri Ruam Thailand untuk mewakili Oposisi.

Aturan baru diperkenalkan oleh Komisi Pemilihan Umum untuk memastikan keamanan dan kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved