Breaking News:

Virus Corona

Jumlah Pengguna Tempat Parkir di Tokyo Jepang Meningkat 4 Kali Lipat

Kini jumlah orang yang bepergian dengan mobil menghindari penggunaan transportasi umum meningkat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Tempat parkir berbayar dan sewa mobil di Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pandemi Covid-19 kini membuat warga yang tinggal di Jepang menghindari transportasi umum misalnya bus dan kereta api.

Akibatnya mulai banyak masyarakat yang menggunakan mobil dan membutuhkan tempat parkir sehingga jadi banyak dicari orang.

"Peningkatan penggunaan transportasi lebih dari yang saya bayangkan, dan jumlah orang yang ingin menghindari kereta yang penuh sesak semakin meningkat. Mencari layanan yang lebih mudah digunakan terutama banyak mencari tempat parkir mobil," papar Daisuke Sugimura, COO "akippa," yang mengembangkan pangsa tempat parkir di Jepang.

Tempat parkir berbayar dan sewa mobil di Jepang.
Tempat parkir berbayar dan sewa mobil di Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Semakin banyak orang menggunakan "pangsa tempat parkir" mereka untuk bepergian dengan menyewa sementara tempat parkir seperti tempat tinggal pribadi, mencari tanah kosong disewa sebagai tempat parkir.

Kini jumlah orang yang bepergian dengan mobil menghindari penggunaan transportasi umum meningkat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Berbagi tempat parkir adalah layanan di mana kita dapat sementara menyewakan tempat parkir yang tidak digunakan oleh rumah atau perusahaan kepada pengguna lain.

Menurut sebuah perusahaan ventura yang mengembangkan pengelolaan tempat parkir di 36.000 lokasi di Jepang, jumlah tempat parkir di Tokyo yang digunakan untuk pulang pergi pada minggu mulai dari akhir bulan lalu adalah meningkat sekitar 4 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan minggu pada bulan Februari 2020 terutama di daerah Shinjuku-ku Tokyo.

Baca: Jepang Curiga dengan Kondisi Kim Jong Un, Ada Pergerakan Aneh di Korea Utara

Baca: 80 Persen Festival Kembang Api di Jepang Dibatalkan, Kembang Api Rumahan Paling Banyak Dicari Warga

Jumlah orang yang menggunakan mobil pribadi meningkat untuk menghindari penggunaan transportasi umum untuk pulang pergi guna mencegah infeksi virus corona.

Naomi Kamiko (54) di Kota Futtsu, Prefektur Chiba, dulu bolak-balik bekerja di wilayah Shibuya, Tokyo, dengan bus dan kereta api berkecepatan tinggi.

Tetapi sejak bulan lalu ia beralih ke mobil dan menggunakan tempat parkir sewaan.

"Saya khawatir tentang mengemudi di pusat kota, tetapi beruntung karena saya dapat menggunakan tempat parkir yang dapat dipesan sebelumnya dan dekat dengan tempat kerja saya," kata Kamiko.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved