Breaking News:

2 Jet Tempur AS Lakukan Manuver Berbahaya di Dekat Pesawat Sipil Iran, Sejumlah Penumpang Terluka

Pesawat Iran, milik Mahan Air, sedang bertolak dari Teheran menuju Beirut dan mendarat dengan selamat di Beirut, kata sumber bandara kepada Reuters.

national interest
Jet tempur F-15 Amerika Serikat 

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Kantor berita resmi IRIB melaporkan pada hari Kamis (23/7/2020), dua jet tempur AS mendekati sebuah pesawat penumpang Iran di atas wilayah udara Suriah.

Hal ini menyebabkan pilot mengubah ketinggian dengan cepat untuk menghindari tabrakan, yang menyebabkan sejumlah penumpang mengalami cedera.

Melansir Reuters, insiden itu kemungkinan akan meningkatkan ketegangan antara dua musuh lama, yakni Iran dan Amerika Serikat.

Baca: Pesan Pemimpin Tertinggi Iran kepada PM Irak: Mereka Membunuh Tamumu di Rumahmu . . .

Pada awalnya, laporan yang masuk mengatakan satu jet tempur Israel telah mendekati pesawat komersial Iran. Akan tetapi, mengutip pilot pesawat, ada dua jet yang mengidentifikasi diri mereka sebagai warga Amerika.

Reuters memberitakan dengan mengutip IRIB, pilot pesawat penumpang menghubungi pilot jet untuk memperingatkan mereka agar menjaga jarak yang aman dan mereka mengidentifikasi diri mereka sebagai warga Amerika.

Baca: Iran Hukum Mati Agen Spionase Amerika dan Israel

Video yang diposting oleh agensi menunjukkan jet tunggal dari jendela pesawat dan komentar dari seorang penumpang yang memiliki darah di wajahnya.

Pesawat Iran, milik Mahan Air, sedang bertolak dari Teheran menuju Beirut dan mendarat dengan selamat di Beirut, kata sumber bandara kepada Reuters.

Menurut situs web Kementerian Luar Negeri Iran, insiden itu sedang diselidiki. Sementara, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi mengatakan tindakan hukum dan politik yang diperlukan akan diambil.

Israel dan Amerika Serikat telah lama menuduh Mahan Air mengangkut senjata untuk gerilyawan yang terkait Iran di Suriah dan di tempat lain.

Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada Mahan Air pada tahun 2011, mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah memberikan dukungan keuangan dan lainnya untuk Pengawal Revolusi elit Iran.

Ketegangan meningkat antara Teheran dan Washington sejak 2018, ketika Presiden AS Donald Trump keluar dari perjanjian nuklir Iran 2015 dan menerapkan kembali sanksi yang telah menghancurkan ekonomi Iran.

Seorang penumpang yang dikutip dalam laporan IRIB menggambarkan bagaimana kepalanya menabrak atap pesawat selama perubahan ketinggian dan video menunjukkan seorang penumpang tua tergeletak di lantai.

Semua penumpang meninggalkan pesawat, beberapa dengan luka ringan, kata kepala bandara Beirut kepada Reuters.

Pesawat tiba kembali di Teheran pada dini hari Jumat pagi, kantor berita Fars melaporkan.

Berita ini tayang di Kontan https://internasional.kontan.co.id/news/menegangkan-dua-jet-tempur-as-mendekati-pesawat-komersial-iran-penumpang-luka-luka?page=all

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved