Breaking News:

Virus Corona

Bill Gates Bereaksi saat Dituding Ciptakan Covid-19: Itu Teori Konspirasi yang Buruk

Sebuah video menuduh Gates ingin "menghilangkan 15 persen dari populasi " melalui vaksinasi dan microchip

JEFF PACHOUD / AFP
Pendiri Microsoft AS, Bill Gates, berfoto pada 9 Oktober 2019, di Lyon, Prancis timur tengah, selama konferensi pendanaan Global Fund to Fight AIDS, TBC dan Malaria. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Miliarder filantropis, Bill Gates menepis tudingan teori konspirasi yang menyebar di media sosial dan menuduhnya menciptakan wabah virus corona atau Covid-19.

"Ini adalah kombinasi yang buruk dari pandemi dan media sosial dan orang yang mencari penjelasan yang sangat sederhana," kata pendiri Microsoft saat wawancara dengab CNN, seperti dilansir dari Times of India, Jumat (24/7/2020).

Baca: Achmad Purnomo Dinyatakan Positif Covid-19, Presiden Jokowi Akan Jalani Tes Swab Hari Ini

Foto-foto dan artikel berita palsu yang dibuat oleh para ahli teori konspirasi--berbagi ribuan kali di platform media sosial dan aplikasi pesan singkat, dalam berbagai bahasa--menargetkan Gates telah mendapatkan daya tarik online sejak awal pandemi.

Sebuah video menuduh Gates ingin "menghilangkan 15 persen dari populasi " melalui vaksinasi dan microchip, telah memperoleh jutaan penonton di YouTube.

"Yayasan kami telah menggelontarkan lebih banyak dana untuk membeli vaksin untuk menyelamatkan nyawa dari kelompok manapun," kata Gates.

Dia telah berjanji 250.000.000 dolar AS dalam upaya untuk memerangi pandemi.

Dan Yayasannya telah menghabiskan miliaran dolar untuk meningkatkan perawatan kesehatan di negara-negara berkembang selama 20 tahun terakhir.

Berdasarkan data, pada Februari, Yayasan Bill dan Melinda Gates menyumbangkan 100 juta Dolar AS (sekitar Rp1,46 triliun) untuk penelitian vaksin dan upaya pengobatan untuk virus corona.

Bantuan itu diumumkan sebagai bagian dari permintaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk kontribusi 675 juta Dolar AS (sekitar Rp9,87 triliun) untuk memerangi penyebaran virus.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved