Breaking News:

12 Tahun Menerima Transplantasi Wajah, Connie Culp Korban Penembakan Suami Akhirnya Meninggal

Connie Culp menerima transplantasi wajah baru dari seorang wanita yang meninggal, setelah suaminya, menembak wajahnya sebelum mencoba bunuh diri.

Cleveland Clinic-HO/AP/News
Wajah Connie Culp rusak parah setelah insiden tragis (kiri), sebelum menjalani operasi transplantasi wajah pertama pada Desember 2008. 

TRIBUNNEWS.COM, COLUMBUS - Perempuan pertama asal Amerika Serikat (AS) yang menerima transplantasi wajah, Connie Culp, dikabarkan meninggal dunia di usia 57 tahun, pada Kamis (30/7/2020).

Melansir News pada Sabtu (1/8/2020), penyebab kematian dari perempuan yang 12 tahun menerima transplanstasi wajah ini belum diketahui.

Tapi kabar kematiannya telah dikonfirmasi oleh Cleveland Clinic, Institut Kulit dan Bedah Plastik, yang menangani prosedur bedah wajahnya.

"Connie adalah wanita yang sangat berani, bersemangat, dan inspirasi bagi banyak orang," kata Ketua Institut Kulit dan Bedah Plastik, Dr. Frank Papay, yang terkesan dengan sosok Culp.

"Kekuatannya terbukti dengan dia adalah pasien transplantasi wajah yang paling lama hidup. Dia adalah perintis hebat dan keputusannya untuk menjalani prosedur yang kadang-kadang menakutkan adalah kelebihannya," ujarnya.

Wajah  Connie Culp rusak parah setelah insiden tragis (kiri), sebelum menjalani operasi transplantasi wajah pertama pada Desember 2008.
Wajah Connie Culp rusak parah setelah insiden tragis (kiri), sebelum menjalani operasi transplantasi wajah pertama pada Desember 2008. (Cleveland Clinic-HO/AP/News)

Connie Culp menerima transplantasi wajah baru dari seorang wanita yang meninggal pada 2008, setelah suaminya, Thomas Culp, menembak wajahnya sebelum mencoba bunuh diri.

Keduanya selamat dari peristiwa percobaan pembunuhan itu.

Thomas dikirim ke penjara selama tujuh tahun untuk mempertanggungjawabkan tindakannya.

Sementara, Culp saat itu mengalami kerusakan hidung, pipi, atap mulut dan matanya.

Baca: Bocah 5 Tahun Selamatkan Kakaknya Melalui Operasi Transplantasi Sel Punca Covid-19 Pertama di Dunia

Connie bertahan dengan 30 kali operasi yang dilakukan oleh para ahli bedah plastik di Cleveland Clinic untuk menghilangkan ratusan selongsong senapan dan serpihan tulang dari wajahnya.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved