Breaking News:

Pencurian Uang Lewat Aplikasi Docomo Membuat 17 Bank Jepang Batalkan Penggunaannya

mulai hari ini (9/9/2020) 14 bank baru termasuk Aeon Bank, Izumi Sengen Bank (Kota Osaka), dan Oita Bank (Kota Oita) telah membatalkan pendaftaran

Nikkei
Aplikasi transfer bank dari ponsel Docomo Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Semakin banyak korban pencurian uang rekening banknya lewat aplikasi ponsel Docomo bermunculan saat ini setelah 3 bank menghentikan penggunaan aplikasi tersebut sejak dua hari lalu (Bank77, Sendai, Chugoku (China) Bank dan Ogaki Kyoritsu Bank, Gifu). Kini (9/9/2020) bertambah 14 bank lagi menghentikan operasi penggunaan aplikasi transfer bank lewat ponsel Docomo.

"Hingga saat ini, registrasi baru ditangguhkan di tiga bank tersebut, Docomo mengkonfirmasi penggunaan yang tidak sah, 77 Bank (Kota Sendai), China Bank (Kota Okayama), dan Bank Ogaki Kyoritsu (Kota Ogaki, Prefektur Gifu)," ungkap sumber Tribunnews.com Rabu ini (9/9/2020).

Menyusul mulai hari ini (9/9/2020) 14 bank baru termasuk Aeon Bank, Izumi Sengen Bank (Kota Osaka), dan Oita Bank (Kota Oita) telah membatalkan pendaftaran baru.

Menurut Docomo, 14 bank belum dipastikan ada korban penipuan, tetapi termasuk bank yang telah menghentikan pendaftaran baru terlebih dahulu untuk mencegah penipuan. Di sisi lain, bank yang selama ini digunakan secara ilegal juga termasuk dalam 14 bank, dan detailnya tidak diungkapkan.

Menurut Docomo bank berikut baru saja menghentikan pendaftaran.

Bank Aeon, Bank Ikeda Senshu, Bank Oita, Bank Kiyo (kota Wakayama), Bank Shiga (kota Otsu), Bank Sendai (kota Sendai), Bank Daisan (kota Matsusaka, prefektur Mie), Bank Tajima (kota Toyooka, prefektur Hyogo), Bank Tottori (Kota Tottori), Bank Hokuyo (Kota Sapporo), Bank Michinoku (Kota Aomori), Bank Iyo (Kota Matsuyama), Bank Toho (Kota Fukushima), Bank Ryukyu (Kota Naha).

Akun Docomo adalah layanan pembayaran elektronik yang memungkinkan kita melakukan pembelian dan mentransfer uang secara online dengan mendaftarkan rekening bank. Aplikasi bank ini bekerja dengan lebih dari 30 lembaga keuangan.

Mengenai akun Docomo, ditemukan penggunaan yang tidak sah pada Bank 77 dan beberapa bank lain.

"Ada kemungkinan seseorang membuka akun docomo menggunakan nomor rekening bank dan PIN kartu ATM yang diperoleh secara ilegal, dan melakukan transfer serta menarik uang dari rekening bank ke akun docomo ilegalnya."

Sementara itu baru saja terbit Buku "Rahasia Ninja di Jepang", pertama di dunia cerita non-fiksi kehidupan Ninja di Jepang dalam bahasa Indonesia, silakan tanyakan ke: info@ninjaindonesia.com

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved