Breaking News:

Nelayan Berhasil Jaring Ikan Hiu Berkepala Dua

Dia menyadari ada yang aneh saat mencoba melihat hasil tangkapannya, setelah menemukan mahluk kecil yang aneh dengan kedua kepala.

Via Kompas TV
Bayi hiu berkepala dua ditemukan seorang nelayan di Perairan Maharasthra. (Sumber: Pen News/Nitin Patel) 
p>TRIBUNNEWS.COM, INDIA - Seorang nelayan di India merasa kaget setelah menemukan bayi hiu berkepala dua di jaringnya.

Nelayan bernama Nitin Patel itu menangkap hiu ganjil tersebut di perairan Maharashtra di sebelah barat India.

Dia menyadari ada yang aneh saat mencoba melihat hasil tangkapannya, setelah menemukan mahluk kecil yang aneh dengan kedua kepala.

Setelah mengambil gambar mahluk tersebut, dia langsung membuangnya kembali ke laut.

Namun, kemudian dia membagikan gambar tersebut kepada Institut Penelitian Perikanan dan Kelautan.

Baca juga: Balita Asuhannya Ditemukan Tanpa Kepala, Dua Guru PAUD Ini Terancam 5 Tahun Penjara

Saat itu, baru ditemukan bahwa mahluk itu adalah bayi hiu berkepala dua.

“Kami tak akan memakan ikan yang kecil, khususnya hiu. Jadi saya merasa aneh dengan hal itu, namun kemudian memutuskan untuk membuangnya kembali,” kata Patil dikutip dari Daily Star.

“Kami belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya. Kami percaya sebuah hiu yang besar telah melahirkan seekor bayi hiu berkepala dua,” ujarnya.

Sementara itu, Ahli Biologi Kelautan, Swapnil Tandel mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan seekor hiu bisa lahir dengan dua kepala.

“Penemuan ini sangat langka, dan sulit ditemukan penyebab dari anomaly tersebut. Genetis atau kelainan metabolisme, virus, polusi atau penangkapan ikan berlebihan bisa menjadi alasannya,” kata Tandel.

Dewan Penelitian dan Pertanian India, Dr KV Akhilesh mengungkapkan catatan hiu berkepala dua sangat jarang terjadi di negara tersebut.

“Hiu berkepala dua yang sama sempat dilaporkan di Gujarat pada 1964, dan di Karnataka pada 1991. Mungkin saja ada penemuan lain, tetapi tak ada foto atau bukti yang telah dikumpulkan,” ujarnya.

Akhilesh mengungkapkan kemungkinan hidup hewat tersebut hingga dewasa sangat kecil, karena mata di satu kepala lainnya cacat.

“Mata di salah satu kepala mulai berubah bentuk dan ada dua sirip di punggungnya. Ini adalah kesempatan yang jarang. Semua hiu berkepala dua yang serupa adalah embrio atau bayi yang baru lahir,” tuturnya.

Sumber: Kompas TV

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved