Breaking News:

Mike Pompeo: AS Akan Temukan Cara Baru untuk Bekerja Sama Dengan Indonesia di Laut China Selatan

Pompeo juga menghormati upaya Indonesia untuk menjaga perairannya sendiri dengan cara menolak klaim melanggar hukum China

FINANCIAL TIMES
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan Washington akan menemukan cara baru untuk bekerja sama dengan Indonesia di Laut China Selatan.

Pompeo juga menghormati upaya Indonesia untuk menjaga perairannya sendiri dengan cara menolak klaim melanggar hukum China di daerah itu.

Kunjungan Pompeo ke Indonesia merupakan rangkaian tour Asianya untuk berusaha  memperkuat hubungan strategis dan ekonomi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China.

Baca juga: Retno Sambut Mike Pompeo di Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw

Dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, ia memuji "tindakan tegas" pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melindungi kedaulatannya di perairan dekat Kepulauan Natuna, yang juga diklaim China sebagai wilayahnya.

Pompeo menegaskan,  klaim China itu melanggar hukum.

"Saya menantikan untuk bekerja sama bersama dalam cara-cara baru untuk memastikan keamanan maritim melindungi beberapa rute perdagangan tersibuk di dunia," kata Pompeo dalam konferensi pers yang disiarkan secara streaming setelah pertemuannya dengan menteri Luar Negeri Indonesia.

Baca juga: Setelah PM Jepang, Giliran Menlu AS Mike Pompeo ke Indonesia Pekan Depan

Retno mengatakan dia menginginkan Laut Cina Selatan yang "stabil dan damai" di mana hukum internasional dihormati.

Pompeo dijadwalkan akan bertemu Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (29/10/2020).

Sebelum kunjungannya ke Indonesia, Pompeo mengunjungi India, Sri Lanka, dan Maladewa. Dia dijadwalkan terbang ke Vietnam pada Kamis (29/10/2020).

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved