Breaking News:
BBC

Covid-19: Biden meminta warga AS mengenakan masker selama 100 hari pertamanya sebagai presiden

Presiden AS terpilih, Joe Biden mengatakan dia akan meminta warga Amerika agar mengenakan masker selama 100 hari pertamanya sebagai presiden

Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden mengatakan dia akan meminta warga agar mengenakan masker selama 100 hari pertamanya untuk membatasi penyebaran virus corona.

Dia mengatakan kepada CNN bahwa dia yakin akan ada "pengurangan signifikan" dalam kasus Covid-19 jika setiap warganya mengenakan penutup wajah.

Biden juga mengatakan dia akan memesan masker untuk dikenakan di semua gedung pemerintah.

AS telah mencatat 14,1 juta kasus dan 276.000 kematian akibat Covid-19 — tertinggi dari negara mana pun di dunia.

Biden, yang sedang bersiap untuk menduduki jabatannya, mengatakan bahwa perusahaan raksasa farmasi siap mengirimkan jutaan dosis vaksin virus corona ke AS.

Inggris pada Rabu lalu (02/12) menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan vaksin virus corona Pfizer.

Apa yang Biden katakan tentang masker?

Dalam wawancara dengan wartawan CNN, Jake Tapper, Biden berujar: "Hari pertama saya dilantik, dalam 100 hari pertama, saya akan meminta masyarakat mengenakan masker. Hanya 100 hari untuk mengenakannya, tidak selamanya. Seratus hari.

"Dan saya pikir kita akan melihat penurunan yang signifikan jika kita melakukannya, jika itu terjadi dengan vaksinasi dan pengenaan masker akan menurunkan angka secara signifikan."

Periode 100 hari pertama kepresidenan baru secara simbolis penting di AS dan dipandang sebagai ukuran bagaimana seorang presiden akan menyelesaikan sesuatu.

Para ahli konstitusi di negara itu mengatakan presiden tidak memiliki kewenangan hukum untuk memerintahkan warganya mengenakan masker, tetapi Biden mengatakan selama wawancara bahwa dia dan Wakil Presiden Kamala Harris akan memberi contoh dengan mengenakan penutup wajah.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved