Breaking News:

China Diprediksi Gantikan Amerika Sebagai Negara Adidaya Dunia pada 2028

Pandemi corona dan kejatuhan ekonomi yang terkait tentu saja membuat persaingan ini menguntungkan China.

AFP
Bendera China dan AS berkibar di dekat Bund, sebelum delegasi perdagangan AS bertemu dengan rekan-rekan China mereka untuk mengadakan pembicaraan di Shanghai, China, 30 Juli 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, LONDON -  China akan menggeser Amerika Serikat (AS) sebagai negara dengan ekonomi terbesar dunia pada tahun 2028 mendatang, lima tahun lebih awal dari perkiraan sebelumnya.

Negara adidaya dunia dengan kekuatan ekonomi dan militernya.

Sebabnya, pemulihan ekonomi yang kontras di kedua negara dari pandemi corona.

"Untuk beberapa waktu, tema umum ekonomi global telah menjadi perebutan ekonomi dan kekuatan lunak antara Amerika Serikat dan China," sebut sebuah lembaga pemikir (think tank) the Centre for Economics and Business Research (CEBR) dalam laporan tahunan yang diterbitkan pada Sabtu (26/12/2020), seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Turki Sebut Vaksin Covid Sinovac Buatan China 91,25% Efektif

Pandemi corona dan kejatuhan ekonomi yang terkait tentu saja membuat persaingan ini menguntungkan China.

CEBR menyebutkan manajemen pandemi yang terampil di China, dengan penguncian awal yang ketat, dan pertumbuhan jangka panjang di Barat membuat kinerja ekonomi relatif China telah meningkat.

China menetapkan pertumbuhan ekonomi rata-rata 5,7% setahun dari 2021-20225, sebelum melambat menjadi 4,5% setahun dari 2026-2030.

Sementara Amerika Serikat kemungkinan akan mengalami rebound ekonomi yang kuat pasca pandemi pada tahun 2021.

Pertumbuhan ekonomi AS akan melambat menjadi 1,9% per tahun antara 2022 dan 2024, dan kemudian menjadi 1,6% setelah itu.

Jepang akan tetap menjadi ekonomi terbesar ketiga di dunia, hingga awal 2030-an ketika akan diambil alih oleh India. Sementara, Jerman akan turun dari peringkat keempat menjadi kelima negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved