Breaking News:

Obama Salahkan Trump dan Partai Republik Terkait Kerusuhan di Gedung Capitol AS 

Obama menilai penyerbuan Gedung Capitol dipicu oleh Trump yang terus berbohong tanpa dasar tentang hasil pemilu yang sah

Robyn BECK / AFP
Presiden Donald Trump dan mantan Presiden Barack Obama berbicara di tangga Timur depan Capitol AS setelah upacara pelantikan pada 20 Januari 2017 di Washington, DC. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengutuk penyerbuan dan aksi kekerasan di Gedung Capitol AS pada Rabu (6/1/2021) waktu setempat.

Obama mengatakan "Sejarah akan mengingat aksi kekerasan hari ini."

Bagi Obama, kerusuhan hari ini sebagai aib besar dan malu bagi negara Amerika."

Obama menilai penyerbuan Gedung Capitol dipicu oleh Trump yang “terus berbohong tanpa dasar tentang hasil pemilu yang sah.”

Ia juga menyalahkan Partai Republik dan media pendukungnya yang terlalu sering tidak mau mengatakan fakta sebenarnya kepada pengikut mereka bahwa Trump kalah dalam Pemilu.

“Kita akan bercanda, jika menganggap kejadian ini sebagai kejutan. Partai Republik dan  media lain yang menyertainya terlalu sering tidak mau mengatakan yang sebenarnya kepada pengikut mereka bahwa Trump kalah dalam pemilu,” ujar Obama seperti dilansir USA TODAY, Kamis (7/1/2021).

"Narasi fantasi mereka telah melonjak lebih jauh dan lebih jauh dari kenyataan, dan membangun kebencian bertahun-tahun. Sekarang kita melihat konsekuensinya,  berubah menjadi kekerasan."

Baca juga: Tiga Mantan Presiden AS Ajukan Diri Jadi Sukarelawan Vaksin Covid-19, termasuk Barack Obama

Kerusuhan terjadi di Gedung Capitol, Washington DC, antara massa pendukung Presiden Donald Trump dengan aparat.

Seorang perempuan dilaporkan tewas tertembak di bagian dada di Rabu sore waktu setempat (6/1/2020), dalam upaya mereka menghalangi kemenangan Joe Biden.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved