Breaking News:

Virus Corona

Sempat Tertunda, China: Para Ahli WHO Akan Tiba Hari Kamis untuk Penyelidikan Asal-Usul Virus Corona

China mengatakan para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan tiba minggu ini untuk penyelidikan tentang asal-usul pandemi virus corona

Noel Celis / AFP
Orang-orang mendengarkan band saat konser dalam ruangan di Wuhan, di provinsi Hubei tengah China pada 1 Januari 2021. 

TRIBUNNEWS.COM,  BEIJING  — China mengatakan para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan tiba minggu ini untuk penyelidikan tentang asal-usul pandemi virus corona di Beijing.

Hal itu diumumkan Komisi Kesehatan Nasional China seperti dilansir AP, Senin (11/1/2021).

Pengumuman dari Komisi Kesehatan Nasional mengatakan para ahli akan tiba pada hari Kamis (14/1/2021) dan bertemu dengan tim China.

Setelah itu tidak ada penjelasan lebih rincian lainnya disampaikan Otoritas China.

Sejauh ini tidak jelas apakah para ahli WHO akan langsung melakukan perjalanan ke kota Wuhan, China tengah, di mana virus corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019 lalu.

Negosiasi untuk kunjungan tersebut sudah lama berlangsung. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sempat mengungkapkan kekecewaannya pada  pekan lalu atas penundaan tersebut.

Ia  mengatakan anggota tim ilmiah internasional yang berangkat dari negara asal sudah memulai perjalanan mereka sebagai bagian dari pengaturan antara WHO dan pemerintah China.

Setelah pernyataan Tedros, Kementerian Luar Negeri China mengatakan negara itu terbuka untuk kunjungan ahil WHO tetapi masih mengerjakan "prosedur yang diperlukan dan rencana konkret yang relevan."

Juru bicara kementerian luar negeri China, Hua Chunying, mengatakan kepada wartawan, pada Rabu (6/1/2021), ada "kesalahpahaman" dan kedua belah pihak masih dalam diskusi tentang waktu dan pengaturan lainnya.

"Tidak perlu terlalu menafsirkan ini," katanya, seperti dilansir Reuters, Kamis (7/1/2021).

Baca juga: China Catat Lonjakan Kasus Covid-19 Tertinggi dalam Lima Bulan Terakhir

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved