Breaking News:

Bangladesh Kecam Klaim Pompeo yang Sebut Negara di Kawasan Asia Selatan sebagai Basis Baru Al-Qaeda

Bangladesh kecam pernyataan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang menyebut negara di kawasan Asia Selatan sebagai basis baru kelompok Al-Qaeda.

Sputnik News
Foto Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. Bangladesh mengecam keras pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, yang menyebut negara di kawasan Asia Selatan sebagai basis baru kelompok Al-Qaeda. 

TRIBUNNEWS.COM - Bangladesh mengecam keras pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, yang menyebut negara di kawasan Asia Selatan sebagai basis baru kelompok Al-Qaeda.

"Komentar yang tidak bertanggung jawab dari seorang pemimpin senior sangat disayangkan dan tidak dapat diterima," ungkap Kementerian Luar Negeri Bangladesh dalam pernyataan Rabu (13/1/2021).

"Bangladesh dengan keras menolak pernyataan tak berdasar dan kebohongan semacam ini," tambah pernyataan tersebut.

Mengutip Al Jazeera, dalam pernyataan yang diterbitakan sehari sebelumnya di situs Departemen Luar Negeri AS, Pompeo mengimplikasikan beberapa negara di Asia Selatan sebagai "pusat teror".

Baca juga: Israel Diduga Gempur Suriah Sesudah Pompeo Bertemu Kepala Mossad Yosi Cohen

Baca juga: Menlu AS Mike Pompeo Ditolak Bertemu Pejabat Negara-negara Eropa

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Bangladesh mengecam keras pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, yang menyebut negara di kawasan Asia Selatan sebagai basis baru kelompok Al-Qaeda.
Foto Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Bangladesh mengecam keras pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, yang menyebut negara di kawasan Asia Selatan sebagai basis baru kelompok Al-Qaeda. (Kedubes Amerika Serikat)

Pernyataan Pompeo segera menuai kritik dari beberapa pihak.

Dia juga menyebut Iran sebagai basis baru Al-Qaeda, sebuah pernyataan yang juga diprotes oleh Teheran.

“Bayangkan juga potensi untuk sepenuhnya menjungkirbalikkan tempat-tempat rapuh dengan kehadiran Al-Qaeda seperti Libya, Yaman dan Maghreb atau meningkatkan kekacauan di tempat-tempat seperti Bangladesh, di mana Al-Qaeda telah melakukan serangan,” kata Pompeo dalam pernyataannya.

Baca juga: Iran Bantah Klaim Orang Nomor 2 Al-Qaeda Tewas di Teheran

Baca juga: Menlu Mike Pompeo: China Hanya Kediktatoran yang Rapuh, Takut Pada Rakyatnya Sendiri

Foto Mike Pompeo. Bangladesh mengecam keras pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, yang menyebut negara di kawasan Asia Selatan sebagai basis baru kelompok Al-Qaeda.
Foto Mike Pompeo. Bangladesh mengecam keras pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, yang menyebut negara di kawasan Asia Selatan sebagai basis baru kelompok Al-Qaeda. (net)

Klaim Tak Berdasar

Sebagai tanggapan, pernyataan Kementerian Luar Negeri Bangladesh mengatakan, "tidak ada bukti kehadiran Al-Qaeda" di negara mayoritas Muslim itu.

Kemenlu Bangladesh juga menekankan bahwa mereka mempertahankan kebijakan "tanpa toleransi" terhadap semua bentuk "terorisme dan ekstremisme kekerasan".

Halaman
1234
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved