Breaking News:

Pilpres Amerika Serikat

Donald Trump Bakal Tinggalkan Gedung Putih Rabu Pagi Sebelum Pelantikan Joe Biden

Presiden Amerika Serikat petahana Donald Trump akan menjalani hidupnya di Florida setelah lengser dari kursi orang nomor

ANDREW CABALLERO-REYNOLDS / AFP
Presiden AS Donald Trump. 
p>TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat petahana Donald Trump akan menjalani hidupnya di Florida setelah lengser dari kursi orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Dilansir dari Associated Press , Sabtu (16/01/2021), Donald Trump akan meninggalkan gedung putih, Rabu (20/01/2021) pagi sebelum presiden terpilih Joe Biden dilantik menjadi presiden baru Amerika Serikat.

Trump dilaporkan akan dilepas dengan upacara pelepasan di pangkalan udara Andrews, dimana pejabat di gedung putih sedang mempertimbangkan acara agak besar yang akan mirip kunjungan kenegaraan seperti karpet merah, pasukan warna-warni, drum band militer, dan tembakan meriam 21 kali.

Baca juga: Donald Trump akan Tinggalkan Gedung Putih Pekan Depan, Ogah Hadiri Pelantikan Biden

Sebelumnya Trump sudah menyatakan tidak akan datang ke pelantikan Joe Biden, setelah berbulan-bulan melancarkan tudingan kecurangan pemilu untuk mendelegitimasi kepresidenan Joe Biden.

Sementara, wakil presiden saat ini, Mike Pence, sudah menyatakan akan hadir bersama istri dan keluarga.

Baca juga: Masa Depan Ivanka Trump dan Jared Kushner Sesudah Presiden Donald Trump Lengser

Trump akan pergi dari Washington DC dua minggu setelah dia menyulut pemberontakan yang diwarnai kekerasan saat pendukungnya menyerbu dan menduduki gedung parlemen, atau Gedung Capitol, dalam upaya menggagalkan pengesahan penghitungan suara negara bagian oleh Kongres AS.

Trump diperkirakan akan berada di Florida dengan sekelompok kecil pembantunya, saat dia menimbang-nimbang masa depannya.

Kongres AS Sahkan Kemenangan Joe Biden

Kongres Amerika Serikat (AS) resmi mensertifikasi atau mengesahkan kemenangan Presiden terpilih dari Partai Demokrat Joe Biden, setelah beberapa jam sebelumnya ratusan pendukung Presiden Donald Trump menyerbu Gedung Capitol AS.

Wakil Presiden Mike Pence memimpin sidang pengesahan kemenangan Biden yang diambil Kongres AS pada Kamis (7/1/2020) dini hari waktu setempat, setelah sempat tertunda karena kerusuhan di gedung Capitol.

Baca juga: Update Rusuh di Capitol AS: 4 Tewas Pasca Massa Serbu Aula Kongres untuk Memblokir Kemenangan Biden

Halaman
1234
Editor: Adi Suhendi
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved