Breaking News:

Pakistan Berhasil Uji Rudal Jarak Menengah dengan Jangkauan 2.750 Kilometer

Pihak militer Pakistan mengatakan, pihak terkait berhasil menguji coba rudal kendali balistik Shaheen III dengan jarak jangkauan 2.750 kilometer.

AAMIR QURESHI / AFP
Personel militer Pakistan berdiri di samping rudal balistik permukaan-ke-permukaan Shaheen III selama parade militer Hari Pakistan di Islamabad pada 23 Maret 2017. Hari Nasional Pakistan memperingati disahkannya Resolusi Lahore, ketika sebuah negara terpisah untuk Muslim Inggris Kekaisaran India dituntut pada tanggal 23 Maret 1940. 

TRIBUNNEWS.COM - Pihak militer Pakistan mengatakan, pihak terkait berhasil menguji coba rudal kendali balistik Shaheen III dengan jarak jangkauan 2.750 kilometer.

Mengutip Al Jazeera, uji coba rudal dilaksanakan pada Rabu (20/1/2021) kemarin.

"(Uji coba) ditujukan untuk memvalidasi ulang berbagai desain dan parameter teknis dari sistem senjata," kata sebuah pernyataan dari sayap pers militer.

Pernyataan itu mengatakan titik tembak rudal berada di Laut Arab dan pengujian tersebut disaksikan oleh Ketua Komite Kepala Staf Gabungan Pakistan, Letnan Jenderal Nadeem Zaki Manj serta pejabat tinggi lainnya.

Baca juga: Terima Dubes Amerika, Bamsoet Dorong Kerja Sama Kendaraan Listrik dan Landasan Peluncuran Roket

Baca juga: Serpihan Roket Milik China Ditemukan di Teluk Ranggau Kalimantan Tengah

Personel militer Pakistan berdiri di samping rudal balistik permukaan-ke-permukaan Shaheen III selama parade militer Hari Pakistan di Islamabad pada 23 Maret 2017.
Hari Nasional Pakistan memperingati disahkannya Resolusi Lahore, ketika sebuah negara terpisah untuk Muslim Inggris Kekaisaran India dituntut pada tanggal 23 Maret 1940.
Personel militer Pakistan berdiri di samping rudal balistik permukaan-ke-permukaan Shaheen III selama parade militer Hari Pakistan di Islamabad pada 23 Maret 2017. Hari Nasional Pakistan memperingati disahkannya Resolusi Lahore, ketika sebuah negara terpisah untuk Muslim Inggris Kekaisaran India dituntut pada tanggal 23 Maret 1940. (AAMIR QURESHI / AFP)

Militer Pakistan tidak mengatakan apakah versi uji coba rudal Shaheen III mampu membawa senjata nuklir, meski sebelumnya telah digambarkan memiliki kemampuan itu.

Pakistan adalah satu dari delapan negara di dunia yang memiliki kemampuan senjata nuklir.

Tetangga timurnya dan saingannya India, yang telah berperang dalam tiga perang skala penuh sejak kedua negara memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1947, juga memiliki senjata nuklir.

Baca juga: Korea Utara Gelar Parade Rudal Balistik Baru, Tandai Berakhirnya Kongres Partai Buruh

Baca juga: Korea Utara Pamer Dua Rudal Terbaru, Rudal Submarine Bisa Diisi Hulu Ledak Nuklir

Tentara Angkatan Laut Pakistan berbaris melewati rudal balistik jarak jauh Shaheen III selama parade militer Hari Pakistan di Islamabad pada tanggal 23 Maret 2016.
Hari Nasional Pakistan memperingati disahkannya Resolusi Lahore, ketika sebuah negara terpisah untuk Muslim Kerajaan India Britania diminta pada tanggal 23 Maret 1940.
Tentara Angkatan Laut Pakistan berbaris melewati rudal balistik jarak jauh Shaheen III selama parade militer Hari Pakistan di Islamabad pada tanggal 23 Maret 2016. Hari Nasional Pakistan memperingati disahkannya Resolusi Lahore, ketika sebuah negara terpisah untuk Muslim Kerajaan India Britania diminta pada tanggal 23 Maret 1940. (AAMIR QURESHI / AFP)

Rudal Jarak Jauh Pakistan

Shaheen III adalah sistem rudal jarak terjauh Pakistan.

Pensiunan Letnan Jenderal Khalid Kidwai, mantan Kepala Divisi Rencana Nuklir Pakistan pada 2015 menyampaikan komentarnya terkait hal ini.

Katanya, rudal tersebut dikembangkan dengan tujuan untuk mampu mencapai wilayah kepulauan India dan menyangkal kemampuan pasukan India serta membangun "kemampuan serangan kedua".

Personel Korps Medis Angkatan Darat Pakistan berbaris melewati rudal balistik jarak jauh Shaheen III selama parade militer Hari Pakistan di Islamabad pada tanggal 23 Maret 2016.
Hari Nasional Pakistan memperingati disahkannya Resolusi Lahore, ketika sebuah negara yang terpisah untuk Muslim Indian Inggris Kekaisaran diminta pada tanggal 23 Maret 1940.
Personel Korps Medis Angkatan Darat Pakistan berbaris melewati rudal balistik jarak jauh Shaheen III selama parade militer Hari Pakistan di Islamabad pada tanggal 23 Maret 2016. Hari Nasional Pakistan memperingati disahkannya Resolusi Lahore, ketika sebuah negara yang terpisah untuk Muslim Indian Inggris Kekaisaran diminta pada tanggal 23 Maret 1940. (AAMIR QURESHI / AFP)

Kedua negara Asia Selatan tersebut secara rutin melakukan uji coba rudal, di mana mereka memberitahu yang lain sebelumnya, sesuai dengan pakta uji rudal bilateral 2005.

Presiden Arif Alvi dan Perdana Menteri Imran Khan memberi selamat kepada militer dan para ilmuwan yang terlibat setelah tes yang sukses.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved