Breaking News:

Penanganan Covid

Jepang Perpanjang Status Darurat Covid-19 Hingga 7 Maret 2021

Jumlah orang terinfeksi virus corona di 8 daerah tersebut dianggap masih banyak meskipun sudah menurun, namun masih dianggap membahayakan.

Foto Richard Susilo
Suasana saat latihan vaksinasi dilakukan di Kawasaki Kanagawa Jepang Rabu ini (27/1/2021), pertama kali di Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang memastikan perpanjangan status darurat Covid-19 (PSBB) selama satu bulan hingga 7 Maret 2021 terutama Tokyo dan 3 perfektur sekeliling seperti Saitama, Chiba dan Kanagawa.

Sedangkan Prefektur Tochigi akan dibebaskan dari PSBB.

"Tokyo dan tiga perfektur pasti diperpanjang masa PSBB nya dan juga kemungkinan besar 3 perfektur di Kansai seperti Osaka, Kyoto dan Hyogo. Demikian pula Fukuoka kemungkinan besar diperpanjang. Sedangkan Tochigi akan dilepaskan dari PSBB," papar sumber Tribunnews.com, Senin (1/2/2021).

Jumlah orang terinfeksi virus corona di 8 daerah tersebut dianggap masih banyak meskipun sudah menurun, namun masih dianggap membahayakan.

Baca juga: Jepang Bentuk Tim Penelitian Terkait Efek Samping Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Pria Pekerja Usia 40-50 Tahunan di Jepang Paling Banyak Terpapar Covid-19

"Tokyo dan 3 perfektur memang masih tampak kurang baik keadaannya, perlu diperpanjang satu atau dua bulan lagi," papar Dr Tetsuya Matsumoto, pengajar UniversitasKesejahteraan Kedokteran Internasional, Senin (1/2/2021).

Sedangkan tiga perfektur lain, Gifu, dan Aichi masih terus mendapat pertimbangan lebih lanjut.

"Hasil keputusan akhir akan dikeluarkan tim ahli penyakit menular Jepang yang dipimpin Dr Omi pada pertengahan minggu ini sekitar Rabu atau Kamis mendatang," papar sumber itu.

Perpanjangan PSBB tersebut ditujukan pula untuk mempersiapkan penyelenggaraan Olimpiade lebih lanjut.

Data terinfeksi Corona di Tokyo tanggal 26 Januari 2021.
Data terinfeksi Corona di Tokyo tanggal 26 Januari 2021. (Foto Richard Susilo)

"Apabila jumlah orang terinfeksi sudah mencapai sekitar 100 orang per hari di Tokyo, maka Olimpiade akan dapat berlangsung dengan aman karena dengan tingkat pertumbuhan hanya 100 orang per hari di Tokyo."

"Diperkirakan selama 5 bulan ke depannya dapat tetap terjaga dengan baik di tengah masa musim panas mendatang akan menekan jumlah infeksi Corona serta vaksinasi yang sudah dimulai sejak Februari ini," lanjutnya.

Sementara itu Forum Bisnis BBB bagi WNI di Jepang sudah siap untuk membantu WNI dari luar Jepang yang ingin melakukan vaksinasi di Jepang nantinya. Silakan email ke: bbb@jepang.com dengan Subject: Vaksinasi.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved