Breaking News:

China Protes Keras Kanada Gara-gara T-Shirt Berlogo Mirip Kelelawar

Pengacara Wanzhou berpendapat, proses hukum kliennya telah dilanggar, dan oleh sebab itu harus dibebaskan.

Via Kompas TV
T-shirt berlogo "W" yang merupakan logo kelompok hip-hop Wu-Tang Clan, dengan perubahan tulisan menjadi Wuhan yang menjadi sumber polemik baru antara China dan Kanada. (Sumber: Etsy.com) 
p>TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Polemik seputar T-shirt berlogo menyerupai kelelawar yang melibatkan China dan Kanada terus berlanjut.

Pada Rabu (3/2/2021), Kementerian Luar Negeri China menyatakan tak percaya atas penjelasan dari pihak Kanada bahwa t-shirt tersebut bukan merupakan penghinaan yang berkaitan dengan virus corona.

China tersinggung dan protes keras kasus ini.

Seperti dilansir dari Associated Press pekan ini, Kementerian Luar Negeri Kanada menjelaskan bahwa t-shirt berlogo huruf “W” yang merupakan logo kelompok hip-hop Wu-Tang Clan namun dengan tambahan tulisan “Wuhan” itu tidak dimaksudkan sebagai ejekan.

Kementerian Luar Negeri Kanada meminta maaf atas kesalahpahaman yang terjadi.

Baca juga: 646.02 Tenaga Kesehatan Telah Disuntik Vaksin Covid-19 hingga 3 Februari

T-shirt produksi China ini dilaporkan dipesan oleh seseorang di Kedutaan Besar Kanada di Beijing pada musim panas tahun lalu dan menjadi viral di internet China.

Sejumlah warga China mengkritik bahwa logo “W” yang menyerupai kelelawar itu sesungguhnya adalah kelelawar, dan t-shirt tersebut menyiratkan hubungan antara binatang nokturnal itu dengan virus yang kemudian muncul di kota Wuhan.

Mereka juga menyebut bahwa logo “W” tersebut mewakili stereotip warga China yang gemar menyantap hidangan yang berasal dari binatang eksotik. Virus yang menyebabkan Covid-19 diduga berasal dari kelelawar, dan kasus virus corona pertama kali terdeteksi di Wuhan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan pada para wartawan pada Rabu bahwa penjelasan Kanada sejauh ini “tidak meyakinkan”.“Perbuatan salah staf Kanada yang bersangkutan telah menyebabkan dampak yang mengerikan dan memicu kebencian dan ketidakpuasan yang kuat di antara warga China,” ujar Wang. “Kanada harus menanggapi masalah ini dengan serius dan memberikan penjelasan ke China sesegera mungkin.”

Kementerian Luar Negeri Kanada belum merespon pernyataan Wang.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved