Breaking News:

Jumlah Penumpang Kapal Pesiar ke Jepang Turun 94 Persen Sejak Pandemi Covid-19

Karena tindakan pembatasan dari pemerintah, kapal pesiar internasional tidak pernah berkunjung ke Jepang sejak Maret 2020.

Richard Susilo
Kapal pesiar Diamond Princess 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jumlah turis asing yang mengunjungi Jepang dengan kapal pesiar sejak Maret 2020 hingga kini mengalami penurunan sebesar 94 persen akibat virus corona.

"Jumlah wisman yang berkunjung ke Jepang dengan kapal pesiar tahun 2020 turun 94 persen dari tahun sebelumnya akibat pengaruh virus corona, menjadi hanya sekitar 126.000 penumpang saja dalam kurun waktu hampir setahun," ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (6/2/2021).

Karena tindakan pembatasan dari pemerintah, kapal pesiar internasional tidak pernah berkunjung ke Jepang sejak Maret 2020, dan tidak ada prospek pemulihan.

Menurut Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang dengan kapal pesiar telah melebihi 2 juta selama tiga tahun berturut-turut sejak 2017 hingga akhir tahun.

Baca juga: Aplikasi Deteksi Corona Cocoa 4 Bulan Ngawur, Oposisi Minta PM Jepang Pecat Penanggungjawab

Baca juga: Pejabat Tinggi Jepang Kembalikan Uang Makan di Restoran Setelah Tahu Ada CEO Perusahaan

Namun, tahun lalu saat infeksi virus corona menyebar, jumlah penumpang sekitar 126.000 orang, turun 94 persen dari tahun sebelumnya.

Hal itu terjadi karena penguatan langkah pembatasan pemerintah, kapal pesiar internasional tidak pernah singgah di Jepang sejak Maret 2020, dan tidak ada prospek pemulihan.

Kepedihan juga dirasakan pemerintah daerah yang telah memposisikan daya tarik kapal pesiar internasional sebagai pilar pembangunan daerah.

Kapal pesiar Diamond Princess meninggalkan Pelabuhan Yokohama, Jepang, Rabu (25/3/2020).
Kapal pesiar Diamond Princess meninggalkan Pelabuhan Yokohama, Jepang, Rabu (25/3/2020). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Di sisi lain, kapal-kapal pesiar di sekitar pelabuhan domestik mulai kembali beroperasi menanggapi fakta bahwa kelompok industri menyusun pedoman pencegahan penyebaran infeksi virus corona pada September 2020.

Deklarasi situasi darurat yang baru muncul kembali memaksa banyak operator untuk menghentikan operasi kembali.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved