Breaking News:

Pemerintahan Biden akan Hapus Houthi dari Daftar Teroris dan Balikkan Keputusan Trump

Pemerintahan Joe Biden akan menghapus militan Houthi dalam daftar organisasi teroris asing dan membalikkan keputusan pemerintahan Donald Trump.

CHANDAN KHANNA / AFP
Calon Menteri Luar Negeri Antony Blinken (kanan). Terbaru, Pemerintahan Biden akan Hapus Houthi dari daftar Teroris dan Balikkan Peputusan Trump 

TRIBUNNEWS.COM - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memberi tahu Kongres tentang niatnya untuk membalikkan keputusan Donald Trump, yang menunjuk militan Houthi Yaman sebagai organisasi teroris asing.

Dilansir CNN Kabar ini disampaikan oleh pejabat Departemen Luar Negeri AS pada Jumat (5/2/2021).

"Setelah peninjauan menyeluruh, kami dapat memastikan akan mencabut organisasi teroris asing dan penunjukan teroris global Ansarallah, yang secara khusus telah ditunjuk," kata pejabat itu menggunakan nama lain untuk militan Houthi.

"Kami secara resmi memberi tahu Kongres tentang niat Menteri Luar Negeri (Antony Blinken) untuk mencabut penunjukkan ini dan membagikan lebih banyak detail dalam beberapa hari mendatang," tambah narasumber tersebut.

Baca juga: POPULER Internasional: Profil Harun Yahya, Menlu Amerika Nyatakan Houthi sebagai Kelompok Teroris

Baca juga: AS Masukkan Kelompok Houthi dalam Daftar Kelompok Teroris

Antony Blinken, Menlu AS. Terbaru, Pemerintahan Biden akan Hapus Houthi dari daftar Teroris dan Balikkan Peputusan Trump
Antony Blinken, Menlu AS. Terbaru, Pemerintahan Biden akan Hapus Houthi dari daftar Teroris dan Balikkan Peputusan Trump (STEPHANE DE SAKUTIN AFP/File)

Katanya, Blinken telah menjelaskan tentang peninjauan cepat terkait penunjukkan Ansarallah, mengingat implikasi yang mendalam bagi orang-orang Yaman, rumah bagi bencana kemanusiaan terburuk di dunia.

"Kami berkomitmen untuk membantu Arab Saudi mempertahankan wilayahnya dari serangan serupa lebih lanjut," kata pejabat itu.

"Tindakan kami sepenuhnya karena konsekuensi kemanusiaan dari penunjukan menit-menit terakhir dari pemerintahan sebelumnya, yang oleh PBB dan organisasi kemanusiaan sejak itu jelaskan akan mempercepat krisis kemanusiaan terburuk di dunia," tambahnya.

Baca juga: Pompeo Nyatakan Houthi sebagai Kelompok Teroris, Dikhawatirkan akan Perburuk Krisis Yaman

Donald Trump melambai setelah mendarat di Bandara Internasional Palm Beach di West Palm Beach, Florida, pada 20 Januari 2021. Terbaru, Pemerintahan Biden akan Hapus Houthi dari daftar Teroris dan Balikkan Peputusan Trump
Donald Trump melambai setelah mendarat di Bandara Internasional Palm Beach di West Palm Beach, Florida, pada 20 Januari 2021. Terbaru, Pemerintahan Biden akan Hapus Houthi dari daftar Teroris dan Balikkan Peputusan Trump (ALEX EDELMAN / AFP)

Keputusan Tunjuk Houthi sebagai Organisasi Teroris Disahkan 1 Hari Jelang Pelantikan Biden

Menteri Luar Negeri sebelumnya, Mike Pompeo mengumumkan keputusan pemerintahan Trump kurang dari dua minggu sebelum meninggalkan kantor.

Penunjukan mulai berlaku hanya sehari sebelum pelantikan Presiden Joe Biden.

Halaman
123
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved