Breaking News:

Boeing Ingatkan Pilot untuk Pantau Pesawat dengan Cermat

Boeing Co mengeluarkan buletin teknis kepada maskapai penerbangan untuk memastikan pilot memantau dengan cermat kondisi dan jalur pesawat.

Boeing via dailymail.co.uk
ILUSTRASI. Karyawan Boeing berkumpul di sekitar pesawat 777X yang dirakit utuh untuk pertama kalinya di pabrik pembuat pesawat dekat Seattle. 

TRIBUNNEWS.COM, FLORIDA - Boeing Co mengeluarkan buletin teknis kepada maskapai penerbangan yang mengingatkan mereka untuk memastikan pilot memantau dengan cermat kondisi dan jalur pesawat.

Hal ini untuk mencegah hilangnya kendali dalam penerbangan, menurut dokumen yang dilansir Reuters, Kamis  (18/2/2021).

Buletin tertanggal 15 Februari dikirim setelah Indonesia mengeluarkan laporan awal kecelakaan Sriwijaya Air pada 9 Januari yang menewaskan semua 62 orang di pesawat Boeing 737-500.

Baca juga: Etihad Airways Jadi Maskapai Pertama yang Memberikan Vaksin Covid-19 ke Awak Pesawat

Hal itu tidak secara eksplisit terkait dengan kecelakaan itu dan mencakup semua model Boeing modern.

Buletin itu membahas satu di antara area potensial yang menarik bagi penyelidik setelah kecelakaan itu, sambil menunggu penemuan unit memori perekam suara kokpit.

"Kesadaran kru atau awak pesawat yang berkelanjutan terhadap sikap pesawat terbang, kecepatan udara, posisi kontrol penerbangan dan pengaturan daya dorong sangat penting untuk pencegahan gangguan pesawat dan dapat mengurangi efek mengejutkan atau kejutan yang disebabkan oleh perubahan tidak terduga yang cepat," kata buletin itu.

Pabrikan pesawat itu telah secara berkala mengeluarkan pengingat seperti itu.  

Boeing mengatakan secara teratur berkomunikasi dengan pelanggannya tentang bagaimana mereka dapat mengoperasikan pesawat secara aman dan percaya diri.

"Dalam koordinasi erat dengan otoritas investigasi dan regulasi, komunikasi terbaru ini memperkuat pentingnya materi panduan dan pelatihan Boeing di seluruh industri dan Boeing tentang pencegahan dan pemulihan pesawat," kata pembuat pesawat AS itu.

Baca juga: 34 Personel Dislambair TNI AL Lanjutkan Pencarian CVR Sriwijaya Air SJ 182

Boeing, yang dikritik karena menyalahkan pilot atas kecelakaan 737 MAX 2018 di Indonesia yang kemudian terikat dengan sistem yang rusak, belum mengeluarkan komentar apa pun tentang penyebab kecelakaan Sriwijaya.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved