Breaking News:

Breaking News: Hashimoto Menjadi Ketua Olimpiade Jepang, Mengundurkan Diri Sebagai Menteri

Karena peraturan menteri melarang dia untuk merangkap jabatan sebagai pejabat perusahaan kepentingan umum, maka Hashimoto akan pensiun sebagai menteri

Foto Richard Susilo
Menteri Olahraga Seiko Hashimoto ke luar dari gedung parlemen Jepang pagi ini (17/2/2021) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYOSeiko Hashimoto, Menteri Olimpiade yang berusia 56 tahun, telah menerima permintaan dari Panitia Penyelenggara untuk menjabat sebagai Ketua Umum panitia penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Jepang.

"Hashimoto telah menerima permintaan kami dan dengan demikian menjadi Ketua Umum Panitia Olimpiade dan Paralimpiade Jepang," laporan  rapat dewan tim pemilihan Ketua Olimpiade pada rapat yang diadakan di Tokyo pada tanggal 18 Februari 2021.

Setelah terpilih menjadi Ketua Umum (Presdir) Olimpiade (internasional) akan  memilih dewan direksi untuk diadakan kembali.

Karena peraturan menteri melarang dia untuk merangkap jabatan sebagai pejabat perusahaan kepentingan umum, maka Hashimoto akan pensiun sebagai menteri yang bertanggung jawab di Olimpiade.

Baca juga: Ketua Olimpiade Jepang Yoshiro Mori Mengundurkan Diri

Menyusul pengunduran diri Yoshiro Mori (83) sebagai ketua pada tanggal 12 Februari 2021  bertanggung jawab atas penghinaan terhadap perempuan, Panitia Penyelenggara adalah Fujio Mitarai, Ketua dan CEO Canon dan Ketua Kehormatan dari Panitia Penyelenggara. membentuk tim untuk memilih calon penerus yang terdiri dari delapan orang, dan baru saja (18/2/2021) memutuskan memilih dan mengangkat Hashimoto sebagai Ketua Umum Olimpiade.

Kemarin (17/2/2021)  saingan Hashimoto adalah Mikako Kotani dan Yasuhiro Yamashita.

Mikako Kotani Lahir 30 Agustus 1966 (Showa 41), 54 tahun dari Tokyo. Sekolah Menengah Tomo Kiri Lulus dari Universitas Nihon. Mulai berenang disinkronkan di sekolah dasar 4 dan belajar di luar negeri di Amerika Serikat sendirian di sekolah menengah.

Baca juga: Mengapa Hashimoto Kemungkinan Besar Terpilih Sebagai Ketua Umum Olimpiade Jepang?

Pada Olimpiade Seoul 1988, dia adalah wanita pertama pembawa bendera tim Jepang dan memenangkan medali perunggu secara solo dan duet. Meskipun ia terpilih sebagai perwakilan di Olimpiade Barcelona 1992, ia tidak mengubah performa sebenarnya dan pensiun dari tugas aktifnya setelah Olimpiade. Terlibat sebagai duta atlet dalam kegiatan penawaran Olimpiade Tokyo. Saat ini menjabat sebagai direktur JOC dan direktur olahraga dari Komite Penyelenggara. Ibu dua anak.

Yasuhiro Yamashita. Lahir 1 Juni 1957 (Showa 32), 63 tahun dari prefektur Kumamoto. Memulai judo pada usia 10 tahun, dan menjadi juara sekolah menengah tahun pertama di Sekolah Menengah Kyushu Gakuin.

Di tahun kedua Universitas Tokai, dia menjadi yang termuda dalam sejarah dalam 19 tahun 10 bulan dan memenangkan Kejuaraan Seluruh Jepang untuk pertama kalinya dan memenangkan 9 gelar berturut-turut. Kejuaraan dunia tersebut merupakan kemenangan ketiga berturut-turut termasuk penaklukan kelas dua pada tahun 1981.

Dia memenangkan medali emas Olimpiade Los Angeles tanpa pandang bulu pada tahun 1984 dan menerima Penghargaan Kehormatan Nasional di tahun yang sama. Pensiun pada usia 28 tahun 1985 dengan 203 kemenangan beruntun.

Setelah menjabat sebagai direktur Federasi Judo Internasional, pelatih putra seluruh Jepang, dan ketua komite penguatan, ia menjadi ketua Federasi Judo Seluruh Jepang pada 2017. Presiden JOC (Komite Olimpiade Jepang) dan sejak  10 Januari 2020 sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional.

Hashimoto adalah mantan atlit peraih medali olimpiade dan menteri yang memang sangat baik dan dekat dengan wartawan termasuk dengan Tribunnews.com. Sempat Tribunnews.com didatangi, didekati dan ditanyakan, "Sehatkah?" dan diajak diskusi lebih lanjut.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang . Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved