Breaking News:
BBC

Kisah pemimpin baru ISIS: Khalifah tanpa kekhalifahan, bagaimana orang yang dipanggil Haji Abdullah berkuasa

Pemimpin baru kelompok ISIS telah berkuasa selama dua tahun, namun sejauh mana yang diketahui tentang orang yang dipanggil Haji Abdullah?

Pemimpin baru kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS telah berkuasa selama dua tahun. Namun, sejauh mana yang diketahui tentang orang yang dipanggil Haji Abdullah itu?

Wartawan BBC Arab, Feras Kilani, selama berminggu-minggu melakukan perjalanan di Irak untuk mengetahui lebih jauh tentang pengganti Abu Bakar al Baghdadi tersebut.

Pemimpin baru ISIS ini memiliki nama asli Abdullah Qurdash Amir Mohamed Saied Abdulrahhman.

Pada puncaknya dahulu, kelompok ISIS menguasai wilayah yang cukup luas, membentang dari Suriah ke Irak.

Sejumlah kota besar seperti Raqqa, Mosul, berada dalam kekuasaan kelompok ini dan dunia terkejut melihat foto-foto yang muncul dari wilayah yang mereka sebut kekhalifahan itu.

Pada Maret 2019, wilayah kekuasaan ISIS menjadi puing-puing.

bendera ISIS
Getty Images
Saat jayanya, ISIS menguasai wilayah cukup luas di Suriah dan Irak.

Pemimpin mereka, Abu Bakar al Baghdadi, tewas dalam serangan militer dan ISIS terpojok di satu wilayah kecil, Baghuz, di tepi Sungai Efrat.

Namun, saat itu, rencana rahasia telah dijalankan untuk menunjuk pemimpin baru.

"Ya betul, inilah Abdullah Qurdash atau nama lainnya Amir Mohamed Saied Abdulrahhman," kata Salem, seorang tahanan ISIS yang diciduk intelijen Irak. Salem menunjuk ke foto yang dibawa Feras Kilani, wartawan BBC Arab.

"Tetapi ia tampak berbeda di foto ini, jangkutnya tebal," kata Salem tentang pemimpin baru ISIS yang bahkan sebelum kematian penggantinya telah melakukan "sebagian besar tugas untuk "kekhalifahan".

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved