Breaking News:

Virus Corona

Diplomasi Vaksin: Ajang Sejumlah Negara Perluas Pengaruh di Tengah Pandemi Covid

China, Rusia, dan India diduga terlibat 'diplomasi vaksin' karena memilih negara tertentu yang akan diberi vaksin Covid-19 demi memperkuat pengaruh.

FATIMA SHBAIR/GETTY IMAGES EROPA/GETTY IMAGES VIA AFP
Dosis vaksin Sputnik V Coronavirus terlihat di atas meja selama konferensi pers yang mengumumkan dimulainya kampanye vaksinasi Jalur Gaza pada 22 Februari 2021 di Kota Gaza, Gaza. Pejabat dan petugas kesehatan termasuk yang pertama menerima vaksin Sputnik V buatan Rusia setelah 22.000 vaksin disumbangkan ke Jalur Gaza oleh Moskow dan UEA. 

TRIBUNNEWS.COM - China, Rusia, dan India diduga terlibat dalam 'diplomasi vaksin' karena mereka memilih negara tertentu yang akan diberi vaksin Covid-19 demi memperkuat pengaruh.

Menurut analisis Sky News, ada 47 negara ditambah Uni Afrika yang mewakili 55 negara telah membuat kesepakatan atau sedang ditawari vaksin oleh India, China, dan Rusia.

Sedikitnya ada 21 negara yang hanya memiliki vaksin dari Rusia, China, dan India hingga 19 Februari lalu.

Sementara itu di 16 negara lainnya, setengah atau lebih dosis vaksin berasal dari tiga negara tersebut, menurut data perusahaan analisis sains Airfinity.

Baca juga: Gubernur DKI Diminta Prioritaskan Vaksin Covid-19 untuk Korban Banjir 

Baca juga: Dikembangkan Dalam Negeri, Ini Beda Vaksin Nusantara dan Vaksin Merah Putih

Seorang staf medis menunjukkan dosis vaksin Sinopharm buatan China untuk memvaksinasi Menteri Kesehatan Serbia di institut virologi di Beograd pada 19 Januari 2021.
Seorang staf medis menunjukkan dosis vaksin Sinopharm buatan China untuk memvaksinasi Menteri Kesehatan Serbia di institut virologi di Beograd pada 19 Januari 2021. (Andrej ISAKOVIC / AFP)

Kebanyakan vaksin di negara-negara sasaran berasal dari China dan Rusia.

Namun beberapa negara Afrika memiliki vaksin dari India.

Sejatinya sebagian vaksin Covid-19 yang tersebar di dunia tidak berasal dari Rusia, China, dan India dengan perbandingan hanya satu dari 10 dari tiga negara itu.

Menurut para ahli, ketiga negara tersebut bertujuan memperluas pengaruhnya.

Berikut daftar negara-negara yang telah menerima dosis vaksin Covid-19 dari Rusia, India, dan China:

1. Amerika Latin

Halaman
1234
Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved