Breaking News:

Virus Corona

1,7 Juta Vaksin AstraZeneca Covax Tiba di Kongo

Vaksin yang tiba di Kongo itu merupakan bagian dari batch pertama pasokan yang akan dilanjutkan pada beberapa pekan ke depan.

Freepik
ilustrasi vaksin 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, KINSHASA - Lebih dari 1,7 juta dosis vaksin virus corona (Covid-19) Oxford-AstraZeneca tiba di Bandara Internasional N'djili Kinshasa, Republik Demokratik Kongo (DRC) pada Selasa kemarin atas inisiatif COVAX.

COVAX merupakan aliansi yang terdiri dari Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), GAVI, UNICEF dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dikutip dari laman Africa News, Rabu (3/3/2021), pengadaan vaksin ini merupakan bentuk solidaritas terhadap negara-negara miskin yang belum memiliki akses dalam mendapatkan vaksin Covid-19 yang kini dikuasai negara-negara kaya.

Baca juga: Presiden Ghana Jadi Yang Pertama Terima Suntikan Vaksin Covax di Dunia

Vaksin yang tiba di Kongo itu merupakan bagian dari batch pertama pasokan yang akan dilanjutkan pada beberapa pekan ke depan.

Otoritas medis Kongo pun telah memutuskan untuk menggunakan vaksin AstraZeneca karena dianggap memenuhi kondisi penyimpanan Kongo antara 2 dan 8 derajat Celcius.

Kedatangan vaksin ini diterima oleh Menteri Kesehatan Kongo Eteni Longondo.

Menurutnya, pengiriman vaksin yang dilakukan COVAX ini merupakan langkah bersejarah untuk memastikan pendistribusian yang adil terkait vaksin Covid-19 ke seluruh dunia.

"Ini merupakan bagian dari pengadaan dan operasi pasokan vaksin terbesar dalam sejarah," kata Longondo.

Pendistribusian vaksin AstraZeneca ke seluruh wilayah Kongo pun akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved