Breaking News:
BBC

China kirim warga Uighur kerja ke luar Xinjiang: "Jika yang lain pergi, saya juga pergi"

Sebuah kajian mendalam tentang skema mengurangi populasi Uighur di China bocor ke publik. Apa saja yang terungkap dari dokumen itu?

Kebijakan China mengirim ratusan ribu warga Uighur dan etnis minoritas di Xinjiang untuk bekerja jauh di daerah lain memicu penurunan populasi kelompok itu, menurut kajian yang dibaca BBC.

Pemerintah China menyangkal kebijakan itu berusaha mengubah demografi provinsi yang berada di ujung barat "Negeri Tembok Besar" tersebut.

Otoritas China menyebut program pengiriman tenaga kerja itu dirancang untuk meningkatkan pendapatan sekaligus mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan yang kronis di pedesaan.

Namun bukti yang kami lihat menunjukkan bahwa warga Uighur dan etnis minoritas dipaksa mengikuti kebijakan China itu.

Seperti pembangunan "kamp pendidikan ulang" yang dibangun di seluruh Xinjiang beberapa tahun terakhir, pengiriman tenaga kerja ke daerah lain itu juga dirancang sebagai proyek asimilasi etnis minoritas.

Lewat strategi ini, China ingin mengubah gaya hidup dan pemikiran mereka.

Hasil kajian yang dilihat BBC sebenarnya ditujukan untuk para pejabat senior China. Tapi hasil riset itu secara tidak sengaja diunggah ke internet.

Liputan ini merupakan bagian dari investigasi BBC yang didasarkan pada beragam laporan propaganda, wawancara, dan kunjungan ke beberapa pabrik di seluruh China.

BBC mengajukan pertanyaan tentang kemungkinan adanya kaitan antara tenaga kerja Uighur dan dua produk besar di negara Barat.

Belakangan kekhawatiran dalam skala global meningkat tentang sejauh mana peran orang-orang Uighur dan etnis minoritas China dalam rantai pasokan global.

grey_new
BBC
Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved