Breaking News:

Penanganan Covid

2,2 Juta Vaksin Covax Tiba di Ethiopia, Kampanye Vaksinasi Dimulai

Ethiopia saat ini telah menerima nyaris 2,2 juta dosis vaksin virus corona (Covid-19) melalui fasilitas COVAX yang diinisiasi WHO.

Nipah Dennis / AFP
Foto yang diambil pada 24 Februari 2021 ini menunjukkan logo Emirates Airlines di sebelah tag Covax pada pengiriman vaksin Covid-19 dari program vaksinasi Covid-19 global Covax, di Bandara Internasional Kotoka di Accra. Ghana menerima pengiriman pertama vaksin Covid-19 dari Covax, skema global untuk mendapatkan dan mendistribusikan inokulasi secara gratis, saat dunia berlomba untuk mengatasi pandemi. Covax, diluncurkan April lalu untuk membantu memastikan distribusi yang lebih adil dari vaksin virus korona antara negara kaya dan miskin, mengatakan akan memberikan dua miliar dosis kepada anggotanya pada akhir tahun. 

TRIBUNNEWS.COM, ADDIS ABABA - Ethiopia saat ini telah menerima nyaris 2,2 juta dosis vaksin virus corona (Covid-19) melalui fasilitas COVAX yang diinisiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ini merupakan langkah bersejarah untuk memastikan distribusi yang adil terhadap vaksin Covid-19 secara global, yang akan menjadi operasi pengadaan dan pasokan vaksin terbesar dalam sejarah.

Dikutip dari laman Reliefweb, Minggu (7/3/2021), pengiriman ini merupakan bagian dari kedatangan gelombang pertama vaksin Covid-19 di Ethiopia yang akan berlanjut dalam beberapa pekan mendatang.

Vaksin AstraZeneca yang dilisensikan dan diproduksi oleh Serum Institute of India (SII), telah dibawa oleh Ethiopian Airlines dan tiba di Bandara Internasional Bole, Ethiopia pada Minggu pagi waktu setempat.

Baca juga: Pemimpin Spiritual Tibet Dalai Lama Terima Vaksin Virus Corona AstraZeneca

Kedatangan vaksin COVAX ini diterima oleh Menteri Kesehatan Ethiopia Dr Lia Tadesse, Menteri Keuangan dan Kerjasama Ekonomi Yasmin Wohabrebbi, perwakilan WHO Dr Boureima Hama Sambo serta perwakilan UNICEF Adele Khodr.

Kepala Regional, Asia Pasifik dan Anglophone Afrika di Gavi Vaccine Alliane, Charlie Whetham bersyukur proses pengiriman vaksin ke Ethiopia bisa berlangsung lancar.

"Kami sangat senang Ethiopia menerima dosis vaksin COVAX pertamanya. Terima kasih atas kerja pemerintah Ethiopia dan mitra COVAX, serta dukungan dari para donor kami, kami memenuhi janji kami untuk mulai memvaksinasi populasi yang rentan di seluruh dunia," kata Whetham.

Sementara itu, Perwakilan WHO di Ethiopia Dr. Boureima Hama Sambo mengatakan bahwa kedatangan vaksin COVAX di Addis Ababa ini merupakan tonggak penting untuk menuju perubahan keadaan menjadi lebih baik dalam menanggapi pandemi Covid-19.

"Ini semua karena aksi global yang terkoordinasi untuk pendistribusian vaksin yang adil. WHO akan terus bekerja sama dengan pemerintah Ethiopia dan mitra global untuk memastikan bahwa Ethiopia menerima, menyebarkan, dan mengelola vaksin Covid-19 dalam jumlah yang memadai kepada warganya. karena seperti yang telah berulang kali dikatakan WHO, tidak ada yang aman sampai semua orang benar-benar aman," kata dr Sambo.

Ini merupakan salah satu pengiriman kali pertama ke negara-negara di Wilayah Afrika yang dilakukan oleh fasilitas COVAX dan diinisiasi WHO.

Halaman
123
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved