Breaking News:

Tiga Nelayan Palestina Tewas Gara-gara Drone Nyangkut di Jala dan Meledak di Laut Gaza

Tiga nelayan Palestina tewas dalam insiden ledakan drone di lepas pantai Gaza pada Minggu (8/3/2021) lalu.

www.tasnimnews.com
Ilustrasi drone bawah laut. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, GAZA - Kecanggihan drone terua diuji cobakan dalam berbagai sektor tak terkecuali militer.

Israel dikenal dengan kecanggihan alat-alat militer salah satunya memiliki drone berdaya hulu ledak tinggi. Namun, pengujian drone milik Israel itu memakan korban.

Tiga nelayan Palestina tewas dalam insiden ledakan drone di lepas pantai Gaza pada Minggu (8/3/2021) lalu. Pemicunya terbilang sepele, saat nelayan itu menjala ikan tiba-tiba drone Israel terbang tak beraturan menyangkut di jala mereka hingga meledak.

Atas kejadian ini Kementerian Dalam Negeri Hamas di Gaza membuka suara dan mengecam peristiwa ini.

Tak hanya itu, Pusat Hak Asasi Manusia Palestina mengatakan pada Minggu lalu telah terjadi insiden pada kapal penangkap ikan itu. Insiden drone Israel yang meledak mungkin terjadi secara tidak disengaja, namun perlu ada penyelidikan lebih lanjut dan Israel harus bertanggung jawab.

Eyad Al-Bozom, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Gaza, mengatakan tidak ada roket Palestina yang mengenai kapal penangkap ikan itu. Hamas bersikukuh bahwa ledakan itu berasal dari drone quadcopter Israel yang membawa bahan peledak dan ditemukan menyangkut di jaring kapal nelayan Palestina yang tewas.

Drone itu meledak saat para nelayan mengangkat jala mereka untuk menjala ikan, hingga menewaskan ketiga nelayan.

“Drone itu sudah terdeteksi berada di perairan Palestina sejak serangan Israel terhadap kapal angkatan laut Palestina pada 22 Februari di lepas pantai Gaza,” ungkap Bozom.

Namun, juru bicara militer Israel membantah semua tuduhan Hamas. Pada saat ledakan terjadi, militer Israel membantah terlibat dalam insiden tersebut. Pihak Militer Israel balik menuding jika insiden itu terjadi saat militan Palestina diduga akan melakukan uji coba penembakan roket ke laut Israel.

Militer Israel mengungkapkan pada saat itu, pihaknya melihat aktivitas angkatan laut yang mencurigakan di lepas pantai Gaza dan menggagalkan potensi ancaman bagi kapal angkatan laut Israel.

Meski demikian, Israel tidak merinci senjata apa yang digunakan dalam insiden itu. Beberapa kali Militer Israel bungkam dan menolak berkomentar secara terbuka tentang penggunaan drone berbahan peledak di Laut Gaza.

(Reuters)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved