Breaking News:

Virus Corona

Mutasi Baru Covid-19 Terdeteksi di Jepang, Berbeda dari Varian Brasil, Afrika Selatan atau Inggris

Mutasi baru Covid-19 telah ditemukan pada seorang pelancong yang baru tiba di Jepang dari Filipina

CHARLY TRIBALLEAU / AFP
Seorang petugas keamanan berjalan di depan papan nama yang menunjukkan penerbangan yang dibatalkan di area keberangkatan terminal internasional di Bandara Internasional Narita di Narita, Prefektur Chiba pada 7 April 2020. Mutasi baru Covid-19 telah ditemukan pada seorang pelancong yang baru tiba di Jepang dari Filipina 

TRIBUNNEWS.COM - Mutasi baru Covid-19 telah ditemukan pada seorang pelancong yang baru tiba di Jepang dari Filipina, menurut pejabat kesehatan seperti yang dilansir Mirror.

Pria berusia 60-an itu tidak menunjukkan gejala ketika ia tiba di Bandara Narita Tokyo pada 25 Februari 2021.

Ia dinyatakan positif Covid-19 saat menjalani karantina wajib, kata pihak berwenang.

Pejabat kesehatan Jepang mengatakan varian virus corona itu "berbeda" dari varian yang ditemukan di Brasil, Afrika Selatan, maupun Inggris.

Tetapi diyakini varian baru ini dapat menimbulkan ancaman serupa yang lebih mematikan dan menular daripada jenis aslinya.

Baca juga: Muncul Virus Corona B117, Kenali Istilah Mutasi, Varian, dan Strain Virus

Baca juga: Epidemiolog: Strain Baru Corona N439K Mampu Mengakali Antibodi Bahkan Vaksin

Seorang petugas keamanan berjalan di depan papan nama yang menunjukkan penerbangan yang dibatalkan di area keberangkatan terminal internasional di Bandara Internasional Narita di Narita, Prefektur Chiba pada 7 April 2020
Seorang petugas keamanan berjalan di depan papan nama yang menunjukkan penerbangan yang dibatalkan di area keberangkatan terminal internasional di Bandara Internasional Narita di Narita, Prefektur Chiba pada 7 April 2020 (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)

Varian ini mungkin lebih siap untuk menetralkan antibodi - termasuk yang diperoleh dari vaksinasi - seperti yang tampak pada varian Afrika Selatan dan Brasil, lapor Japan Times.

Kementerian kesehatan mengatakan strain mutan telah menyebar di Filipina dan Jepang.

Kasus yang dialami pelancong tersebut kemudian dikonfirmasi sebagai kasus strain baru untuk pertama kalinya di Jepang pada hari Jumat (12/3/2021).

Halaman
123
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved