Breaking News:

KBRI Bantu Repatriasi 18 Jamaah Tabligh di India, Total 735 Telah Pulang ke Indonesia

KBRI New Delhi kembali membantu kepulangan 18 WNI yang merupakan Jamaah Tabligh dari India pada Selasa (23/03/2021) lalu.

Dok KBRI New Delhi
KBRI Bantu Repatriasi18 Jamaah Tabligh di India 

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI – KBRI New Delhi kembali membantu kepulangan 18 WNI yang merupakan Jamaah Tabligh dari India pada Selasa (23/03/2021) lalu.

Total 735 orang dari 751 WNI Jamaah Tabligh yang mengalami permasalahan hukum telah berhasil dipulangkan dari India.

“Para WNI tersebut telah tertahan di India sejak Maret 2020,” demikian pernyataan KBRI New Delhi dalam siaran resmi pada Kamis (25/3/2021).

Disebutkan bahwa para WNI jamaah tabligh itu pulang menggunakan Garuda Indonesia dari bandara Indira Gandhi International Airport pukul 08.40 dan tiba di Jakarta pukul 16.45.

Ketika Pemerintah India menerapkan lockdown pada bulan Maret 2020, terdapat ribuan anggota Jamaah Tabligh dari seluruh dunia yang tertahan di India.

Baca juga: Wanita di India Keluarkan Air Mata Darah, Dokter Sebut Kondisinya Berkaitan dengan Menstruasi

Anggota Jamaah Tabligh terkena masalah hukum karena dianggap telah melanggar protokol kesehatan dan diduga melakukan penyalahgunaan visa.

Dilaporkan, saat ini masih tersisa 16 orang yang harus berada di India untuk menyelesaikan masalah hukum dan/atau keimigrasiannya.

“Perwakilan RI di India telah memberikan bantuan melalui kuasa hukum dan secara bertahap berupaya melepaskan para WNI ini dari kasus hukum dan melakukan repatriasi,” tulis KBRI.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved