Breaking News:

Menlu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina Akan Lakukan Kunjungan Tiga Hari ke China

Empat Menteri Luar Negeri negara di Asia Tenggara akan melakukan kunjungan kerja ke China, dari Rabu (31/3/20221) hingga Jumat (2/4/2021).

kemlu.go.id
Menlu Retno Marsudi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Empat Menteri Luar Negeri negara di Asia Tenggara akan melakukan kunjungan kerja ke China, dari Rabu (31/3/20221) hingga Jumat (2/4/2021).

Mereka adalah Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin.

Hal itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying yang mengumumkannya pada Selasa (30/3/2021) waktu Beijing, seperti dilansir Kantor Berita China Xinhua dan media Malaysia The Star, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Jepang dan Indonesia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Militer di Tengah Ketegangan dengan China  

“Empat Menteri Luar Negeri itu  berkunjung atas undangan Anggota Dewan Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi,” ujar Hua Chunying.

Masih belum diketahui agenda dan isu apa saja yang akan dibahas antara empat Menteri uar Negeri Asia Tenggara dengan pihak China, di tengah ketegangan terkait Laut China Selatan dan Timur.

Kunjungan Menlu dan Menhan ke Jepang

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bersama Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang.

Sejumlah kerja sama disepakati antara Indonesia dan Jepang, diantaranya terkait kerja sama kesehatan, ekonomi dan kerja sama dalam bidang pertahanan maritim.

Baca juga: Palestina Terima 100.000 Vaksin Covid-19 dari China

Pada konferernsi pers Selasa petang, Retno menyampaikan sekiranya 5 poin kesimpulan berkaitan dengan kunjunganya pada tanggal 28-30 Maret 2021 itu.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved