Breaking News:

Penanganan Covid

Terlibat Skandal Kesepakatan Vaksin Sputnik V Rusia, PM Slovakia Mundur dari Jabatannya

PM Slovakia Igor Matovic & pemerintahnya telah mengundurkan diri untuk meredakan krisis politik yang dipicu kesepakatan rahasia pembelian vaksin Rusia

VLADIMIR SIMICEK / AFP
Perdana Menteri Igor Matovic yang akan keluar berpidato pada konferensi pers di Istana Kepresidenan di Bratislava, Slovakia, pada 30 Maret 2021, setelah Matovic mengundurkan diri menyusul kritik keras di negara bekas komunis itu atas keputusannya untuk membeli vaksin Rusia dan penanganannya terhadap virus corona. pandemi secara umum. Presiden Zuzana Caputova menominasikan Menteri Keuangan Eduard Heger untuk menggantikannya pada upacara yang melibatkan ketiga politisi di ibu kota Bratislava yang disiarkan langsung di televisi Slovakia. 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Slovakia Igor Matovic dan pemerintahnya telah mengundurkan diri untuk meredakan krisis politik yang dipicu oleh kesepakatan rahasia untuk membeli vaksin virus corona Sputnik V dari Rusia, Selasa (30/3/2021).

Slovakia merupakan pemerintahan di Eropa yang pertama runtuh karena penanganan pandemi.

Melansir Al Jazeera, koalisi empat partai yang memimpin Slovakia saat ini tetap berkuasa untuk menghindari kemungkinan pemilihan awal.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia Rendah, Penyebabnya Kekhawatiran Anggota Keluarga

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Rendah, Terkonsentrasi di Kota Besar

Presiden Slovakia Zuzana Caputova
Presiden Slovakia Zuzana Caputova mengenakan masker saat memberikan konferensi pers dengan mitranya dari Ukraina (tidak dalam gambar) di istana Kepresidenan di Bratislava pada 24 September 2020, selama kunjungan resmi dua hari Presiden Ukraina di Slovakia.

Presiden Zuzana Caputova menerima pengunduran diri tersebut dan meminta Eduard Heger dari partai Rakyat Biasa Matovic untuk membentuk pemerintahan baru.

Heger menjabat sebagai Menteri Keuangan dan Wakil Perdana Menteri dalam pemerintahan sebelumnya.

Matovic, yang telah mengumumkan pada Minggu (28/3/2021) bahwa dia akan keluar, diharapkan untuk mengambil posisi Menteri Keuangan dalam pemerintahan baru.

Dengan sedikit perubahan yang diantisipasi, kabinet Heger diharapkan sama dengan kabinet Matovic.

Baca juga: VIDEO Guru Mendadak Pingsan Usai Vaksin, Kaget Tabung Oksigen Meledak, Punya Riwayat Hipertensi

Perdana Menteri Slovakia yang baru diangkat Eduard Heger, mengenakan masker wajah, terlihat saat konferensi pers di Istana Kepresidenan di Bratislava, Slovakia, pada 30 Maret 2021, setelah Perdana Menteri Igor Matovic mengundurkan diri menyusul kritik keras di negara bekas komunis tersebut. keputusannya untuk membeli vaksin Rusia dan penanganannya terhadap pandemi virus corona secara umum. Presiden Zuzana Caputova menominasikan Menteri Keuangan Eduard Heger untuk menggantikannya pada upacara yang melibatkan ketiga politisi di ibu kota Bratislava yang disiarkan langsung di televisi Slovakia.
Perdana Menteri Slovakia yang baru diangkat Eduard Heger, mengenakan masker wajah, terlihat saat konferensi pers di Istana Kepresidenan di Bratislava, Slovakia, pada 30 Maret 2021, setelah Perdana Menteri Igor Matovic mengundurkan diri menyusul kritik keras di negara bekas komunis tersebut. keputusannya untuk membeli vaksin Rusia dan penanganannya terhadap pandemi virus corona secara umum. Presiden Zuzana Caputova menominasikan Menteri Keuangan Eduard Heger untuk menggantikannya pada upacara yang melibatkan ketiga politisi di ibu kota Bratislava yang disiarkan langsung di televisi Slovakia. (VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Krisis Politik

Krisis politik meletus ketika kesepakatan rahasia terungkap pada awal Maret, yang melibatkan kesepakatan Slovakia untuk memperoleh dua juta dosis Sputnik V.

Perdana Menteri populis mengatur kesepakatan itu meskipun ada ketidaksepakatan di antara mitra koalisinya.

Halaman
1234
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved