Saat Muslim Fesyen Indonesia Dilirik Ibu Negara Turki Emine Erdogan

Kedutaan Besar Indonesia di Turki sukses menggelar perhelatan fesyen yang dihadiri langsung Ibu Negara Turki Emine Erdogan dan sejumlah istri pejabat

Editor: Johnson Simanjuntak
dok KBRI Ankara
Kedutaan Besar Indonesia di Turki sukses menggelar perhelatan fesyen yang dihadiri langsung Ibu Negara Turki Emine Erdogan dan sejumlah istri pejabat kementerian di Turki pada Rabu (7/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, ANKARA – Kedutaan Besar Indonesia di Turki sukses menggelar perhelatan fesyen yang dihadiri langsung Ibu Negara Turki Emine Erdogan dan sejumlah istri pejabat kementerian di Turki pada Rabu (7/4/2021).

Ibu Emine Erdogan, hadir sebagai tamu kehormatan pada kegiatan fashion show bertajuk “Introducing Indonesia: A Hybrid Fashion Event” yang berlangsung megah di Wisma Indonesia, Ankara, 7-8 April 2021.

Dubes RI untuk Turki, Lalu M Iqbal mengatakan melalui kegiatan ini KBRI Ankara ingin menangkap peluang untuk menjadi budaya asing pertama yang masuk ke pikiran orang Turki sejak terjadinya pandemi lebih dari setahun yang lalu.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi jembatan budaya yang akan semakin memperkuat hubungan Indonesia dan Turki”, imbuh Dubes Iqbal dalam keterangannya, Jumat (9/4/2021).

Modest fashion di Turki berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir dengan nilai pasar sekitar USD 30 miliar per-tahun.

Hal ini menjadikan Turki sebagai negara dengan market busana Muslim terbesar di dunia, diikuti Persatuan Emirat Arab, dan Indonesia.

Turki juga dikenal merupakan penghubung (hub) terbesar industri busana Muslimah untuk kawasan Balkan, Asia Tengah, Timur Tengah dan Afrika Utara.

“Selain memperkenalkan kekayaan budaya fashion Indonesia, kegiatan tersebut juga dimaksudkan sebagai pembuka jalan bagi lebih banyak industri kreatif Indonesia memasuki pasar Turki,” ujarnya.

Ibu Negara Emine Erdogan oleh INSPAD dimasukkan dalam 10 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2020.

Emine juga terpesona menyaksikan kain yang digunakan oleh para pemain angklung yang dipakai saat pagelaran tersebut.

Baca juga: Wisata ke Turki, WNI Diimbau Memiliki Asuransi Perjalanan dan Asuransi Covid-19

Para pemain angklung memakai kain yang mewakili berbagai daerah dan budaya di Indonesia seperti kain tenun, songket, tapis dan batik.

Sesaat sebelum foto bersama, Ibu Negara Turki yang dikenal menaruh perhatian besar kepada industri kreatif, khususnya fashion, tersebut berkesempatan menanyakan satu persatu perihal bahan dan asal muasal masing-masing kain yang digunakan para pemain.

“Ini adalah fashion show pertama yang berlangsung di Turki sejak terjadinya pandemi. Ini juga kegiatan fashion pertama yang dihadiri Ibu Negara Emine Erdogan dalam setahun terakhir,” ungkap Ketua Panitia kegiatan, Dionissius Swasono, yang juga diplomat senior di KBRI Ankara.

Kegiatan fashion show pertama Indonesia di luar negeri sejak terjadinya pandemi ini diselenggarakan oleh KBRI Ankara bekerja sama dengan perusahaan inkubator dan agregator #Markamarie.

Dalam kegiatan tersebut KBRI Ankara menghadirkan 7 brand yang sebagian besar membawa konsep etnis, siap pakai (ready to wear) sekaligus muslim friendly.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved