Breaking News:

Kanada Tangguhkah Izin Ekspor Senjata Teknologi Tinggi ke Turki, Ada Bukti Dialihkan ke Azerbaijan

Sebuah tinjauan menemukan "bukti yang dapat dipercaya" bahwa teknologi Kanada dialihkan ke Azerbaijan, tanpa persetujuan Ottawa.

ARIS MESSINIS/AFP
Ilustrasi Konflik Armenia vs Azerbaijan: Sebuah tinjauan menemukan "bukti yang dapat dipercaya" bahwa teknologi Kanada dialihkan ke Azerbaijan, tanpa persetujuan Ottawa. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Kanada membatalkan lisensi ekspor senjata untuk sistem drone berteknologi tinggi ke Turki.

Pihak berwenang mengambil kepususan ini setelah tinjauan menemukan "bukti yang dapat dipercaya" bahwa teknologi Kanada dialihkan ke Azerbaijan, tanpa persetujuan Ottawa.

Menteri Luar Negeri Marc Garneau pada Selasa (12/4/2021) menerangkan, senjata-senjata tersebut dilaporkan digunakan dalam pertempuran di Nagorno-Karabakh musim gugur lalu.

Melansir CBC, sebelumnya, pada Oktober 2020, Kanada menangguhkan 25 izin ekspor untuk barang dan teknologi militer ke Turki.

Empat izin ekspor senjata kembali ditangguhkan pada November 2020, menyusul laporan bahwa sistem akuisisi optik dan target buatan Kanada digunakan oleh Azerbaijan, dalam serangan militernya terhadap pasukan Armenia di wilayah yang memisahkan diri dari Nagorno-Karabakh.

Baca juga: Pasca Gencatan Senjata Nagarno-Karabakh, Menteri Pertahanan Armenia Mengajukan Pengunduran Diri

Baca juga: Kanada Tangguhkan Penggunaan Vaksin AstraZeneca untuk Orang Dewasa di Bawah Usia 55 Tahun

Di akhir Oktober 2020, pejabat Armenia memperlihatkan puing-puing drone tempur Bayraktar TB2 Turki yang ditembak jatuh oleh pasukan Armenia di wilayah berpenduduk Armenia yang disengketakan.

Pejabat pertahanan Armenia mengatakan pesawat pengintai dan penyerang itu dilengkapi dengan kamera canggih dan sistem akuisisi target yang diproduksi oleh L3 Harris WESCAM di Burlington, Ontario.

Laporan tersebut mendorong pejabat federal untuk menyelidiki klaim bahwa Turki telah mengalihkan teknologi Kanada ke Azerbaijan yang melanggar langsung perjanjian pengguna akhir dengan Kanada.

Baca juga: Warga Armenia Berkemas dan Tinggalkan Nagarno-Karabakh

Konflik Armenia vs Azerbaijan: Upaya Gencatan Senjata Ketiga Gagal Masing-masing pihak menuduh pihak lain melanggar gencatan senjata
Konflik Armenia vs Azerbaijan (ARIS MESSINIS/AFP)

Bukti Kredibel

Garneua dalam sebuah pernyataan menegaskan bahwa ada bukti kredibel mengenai masalah ini.

Halaman
123
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved