Breaking News:

Virus Corona

India Bukukan Rekor Dunia Kasus Baru Covid-19

Kasus kematian naik 2.263 mencapai total 186.920 orang, menurut data kementerian kesehatan, seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (23/4/2021).

AP
Pasien covid di India. 

TRIBUNNEWS.COM, BENGALURU — India mencatat jumlah kasus virus corona harian tertinggi di dunia untuk hari kedua berturut-turut pada Jumat (23/4/2021), sementara kasus kematian harian akibat Covid-19 juga melonjak mencapai rekor.

Dengan 332.730 kasus baru, total kasus Covid-19 di India kini telah melewati 16 juta.

Kasus kematian naik 2.263 mencapai total 186.920 orang, menurut data kementerian kesehatan, seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (23/4/2021).

Wabah ini telah disalahkan pada varian baru virus dan aturan pemerintah yang lemah yang memungkinkan pertemuan keagamaan dan politik besar terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Sistem perawatan kesehatan India telah lama menderita kekurangan dana dan wabah Covid-19 telah mengakibatkan krisis ketersediaan oksigen, obat-obatan dan tempat tidur rumah sakit.

"SOS - Persediaan oksigen kurang dari satu jam di Max Smart Hospital & Max Hospital Saket. Menunggu pasokan terbaru yang dijanjikan dari INOX sejak pukul 01:00... Lebih dari 700 pasien mengakui, membutuhkan bantuan segera," Max Healthcare, salah satu rantai rumah sakit swasta terbesar, mengatakan di Twitter jumat dini hari.

Setidaknya enam rumah sakit kehabisan persediaan oksigen di ibukota India Kamis malam.

"Sebanyak 25 pasien yang kritis  telah meninggal dalam 24 jam terakhir. Oksigen hanya akan berlangsung 2 jam lagi ... Kemungkinan krisis besar. Nyawa 60 pasien paling sakit lainnya yang berisiko, membutuhkan intervensi mendesak," kata direktur medis Rumah Sakit Sir Gangaram di New Delhi dalam sebuah pernyataan.

India telah mencatat sekitar 4 juta infeksi baru bulan ini saja.

Bhramar Mukherjee, seorang profesor biostatistik dan epidemiologi di University of Michigan di Amerika Serikat, mengatakan sekarang seolah-olah tidak ada jaring pengaman sosial untuk rakyat India.

Baca juga: BREAKING NEWS: 12 dari 127 Warga India yang Tiba di Indonesia Positif Covid-19

"Semua orang berjuang untuk kelangsungan hidup mereka sendiri dan berusaha melindungi orang yang mereka cintai. Ini sulit untuk disaksikan," kata Mukherjee.

Para ahli kesehatan mengatakan India menjadi berpuas diri selama musim dingin, ketika kasus harian sekitar 10.000 dan tampaknya terkendali, dan mencabut pembatasan untuk memungkinkan pertemuan besar.

Kanada telah melarang penerbangan dari India, bergabung dengan Inggris, Uni Emirat Arab, dan Singapura yang memblokir kedatangan dari negara itu.(Channel News Asia)

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved