Breaking News:

Hasil Pemilu 3 Wilayah di Jepang Besok akan Menentukan Popularitas LDP dan Pemerintahan PM Suga

Ketiga pemilu tersebut diposisikan sebagai pendahuluan bagi pemilu DPR yang akan digelar pada musim gugur (Oktober 2021).

Foto Mainichi
Kampanye pemilu yang dilakukan di Hiroshima beberapa waktu lalu. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Hasil dari 3 pemilu di Hokkaido, Nagano dan Hiroshima yang akan diumumkan Minggu (25/4/2021) besok merupakan benchmark (tingkat pengukuran) dari dukungan masyarakat terhadap pemerintahan PM Jepang Yoshihide Suga saat ini.

"Berbagai isu dikeluarkan dalam kampanye pemilu khususnya soal antisipasi pandemi corona oleh pemerintahan Suga, maupun isu suap uang yang dilakukan para politisi terutama terkait partai liberal demokratik (LDP) yang diketuai Yoshihide Suga. Hasil pemilu besok akan diketahui jatuh tidaknya popularitas LDP di masyarakat Jepang saat ini," papar sumber Tribunnews.com, Sabtu (24/4/2021).

Pemilihan sela-sela distrik ke-2 DPR (parlemen) Hokkaido, pemilihan tambahan konstituensi Majelis Tinggi Nagano, dan pemilihan ulang konstituensi Majelis Tinggi Hiroshima akan dihitung pada tanggal 25 April besok.

Hal tersebut dapat dikatakan sebagai pemilihan nasional pertama untuk pemerintahan Suga, dan isu-isu seperti tanggapan pemerintah terhadap virus corona dan isu "politik dan uang" menjadi isu utama selama kampanye.

Baca juga: Darurat Covid-19 di Jepang, WNI di Jepang Diminta Taati Aturan Tidak Mudik

LDP telah mengesampingkan para kandidat di distrik kedua di Hokkaido melalui pemilihan sela.

Ketiga pemilu tersebut diposisikan sebagai pendahuluan bagi pemilu DPR yang akan digelar pada musim gugur (Oktober 2021).

Pemilihan tambahan distrik ke-2 Hokkaido diadakan setelah pengunduran diri mantan Menteri Pertanian Takamori Yoshikawa (yang keluar dari Partai Demokrat Liberal) yang dituduh melakukan suap di rumah.

Politisi independen, Satoru Kobayashi (56); Mantan Partai Konstitusional Demokrat, Kenko Matsuki (62) yang direkomendasikan oleh Partai Demokrat untuk Rakyat, Partai Sosial Demokrat, lalu pendatang baru independen, Yoshiko Tsuruha (53); pendatang baru independen, Takanori Nagatomo (52); Nippon Ishin no Kai Izumi Yamazaki (48), pendatang baru di masyarakat, dan Tadayuki Saito (29), dari Partai NHK, partai yang menentang pembayaran uang iuran NHK, mencalonkan diri untuk enam orang di Hokkaido distrik 2.

Pemilihan tambahan Nagano terjadi karena kematian Yuichiro Hata, mantan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata dari Partai Demokrat Konstitusional.

Kampanye pemilu yang dilakukan di Hiroshima beberapa waktu lalu.
Kampanye pemilu yang dilakukan di Hiroshima beberapa waktu lalu. (Foto Mainichi)
Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved