Breaking News:

Olimpiade Tokyo

Komite Penyelenggara Pastikan Olimpiade Tokyo Jepang Tetap Berjalan Sesuai Rencana

Apabila deklarasi darurat (PSBB) tetap dilakukan hingga Juni 2021 oleh pemerintah Jepang, maka dipastikan Olimpiade akan berlangsung tanpa penonton.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Toshiro Muto (77), Dirjen/CEO Komite Penyelenggara Olimpiade. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dirjen/CEO Komite Penyelenggara Olimpiade Jepang, Toshiro Muto memastikan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo Jepang akan berlangsung sesuai jadwal yang dimulai dengan upacara pembukaan pada 23 Juli 2021.

"Olimpiade pasti jadi 100 persen, tidak mungkin tidak jadi dan pemberitaan di luar yang menyebut kemungkinan batal itu tidak benar," papar Toshiro Muto (77), Dirjen/CEO Komite Penyelenggara Olimpiade Jepang, Rabu (5/5/2021) di TV Tokyo.

Namun apabila deklarasi darurat (PSBB) tetap dilakukan hingga Juni 2021 oleh pemerintah Jepang, maka dipastikan Olimpiade akan berlangsung tanpa penonton, tetapi Olimpiade tetap berjalan sesuai rencana.

"Itulah sebabnya hanya soal penonton saja, selambatnya pertengahan Juni 2021 harus diputuskan ada penonton atau tidak, kalau pun ada juga seberapa banyak dan antisipasi lainnya," lanjutnya.

Bagaimana dengan vaksinasi terkait dengan Olimpiade?

"Untuk penyelenggaraan Olimpiade mendatang kami perkirakan sedikitnya 70 persen rakyat Jepang sudah divaksinasi pada saat Pembukaan Olimpiade nanti," paparnya.

Pemerintah Jepang bergegas melakukan vaksinasi secepat mungkin mulai pertengahan Mei 2021 ini karena vaksin dari Pfizer mulai berdatangan.

Perubahan dan peningkatan anggaran Olimpiade Jepang sehingga totalnya kini lebih dari 1,9 Triliun Yen.
Perubahan dan peningkatan anggaran Olimpiade Jepang sehingga totalnya kini lebih dari 1,9 Triliun Yen. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Juni 2021 diperkirakan 200 juta vaksin Pfizer sudah masuk ke Jepang sehingga memperlancar vaksinasi di Jepang.

Lalu bagaimana kalau seandainya Olimpiade sampai terpaksa dibatalkan, apakah harus ganti rugi ke IOC?

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved