Breaking News:

Israel Serang Jalur Gaza

Kunjungi Kairo, Menlu AS Bahas Gencatan Senjata Israel dan Palestina di Gaza

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tiba di Kairo, Mesir, pada Rabu (26/5/2021).

Frederic J. BROWN / POOL / AFP
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau 

TRIBUNNEWS.COM, KAIRO - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tiba di Kairo, Mesir, pada Rabu (26/5/2021).

Kunjungan Menlu AS itu bagian dari tur Timur Tengah yang bertujuan untuk mendorong gencatan senjata yang mengakhiri pertempuran terburuk dalam bertahun-tahun antara Israel dan militan Palestina.

Mesir telah lama menjalin hubungan dengan kedua belah pihak dalam konflik dan memainkan peran kunci dalam perantara gencatan senjata setelah 11 hari kekerasan terjadi dan berkoordinasi dengan Amerika Serikat.

Baca juga: Negara Muslim Upayakan Penyelidikan PBB dalam Konflik 11 Hari Antara Israel-Palestina di Gaza

Pada hari Selasa, Blinken berjanji bahwa Amerika Serikat akan memberikan bantuan baru untuk membantu membangun kembali Jalur Gaza. Termasuk dana 5,5 juta dolar AS dan hampir 33 juta dolar untuk badan bantuan Palestina PBB yang berbasis di sana.

"Mesir, yang berbagi perbatasan dengan Gaza dan memiliki kontak keamanan dengan Hamas, kemungkinan memiliki peran dalam menyalurkan bantuan itu," kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS menjelang kunjungan Blinken.

Selama pertempuran, Mesir membuka perbatasan Rafah yang melintasi antara Gaza dan Semenanjung Sinai untuk memberikan bantuan medis dan mengevakuasi warga yang terluka.(Reuters)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved