Breaking News:

Taifun No.5 Akan Mampir ke Pulau Honshu Jepang 27 Juni 2021

Rabu pagi ini (23/6/2021)  siklon tropis yang berkembang di Kepulauan Mariana telah menjadi Taifun No. 5 (Champi).

Foto Weather News
Taifun No. 5 atau Taifun Campi akan menghantam pulau Honshu 27 Juni 2021 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Rabu pagi ini (23/6/2021)  siklon tropis yang berkembang di Kepulauan Mariana telah menjadi Taifun No. 5 (Champi).

Diperkirakan akan bergerak ke utara ke selatan Jepang selama akhir pekan, dan diperkirakan tanggal 27 Juni akan menghantam pulau Honshu khususnya Osaka Nagoya dan Tokyo nantinya.

Bergerak ke arah barat laut perlahan dengan tekanan pusat 1002 hPa
Kecepatan angin maksimum 18 m / s
Kecepatan angin sesaat maksimum 25 m / s

Waspadai kemungkinan bergerak ke utara ke selatan Jepang.

Taifun No. 5 kemungkinan akan bergerak ke barat laut di sekitar tepi Pacific High dan bergerak ke utara ke selatan Jepang selama akhir pekan. Kepulauan Ogasawara dan Kepulauan Izu mungkin terkena dampak langsung oleh topan.

Membandingkan hasil simulasi yang dihitung oleh organisasi meteorologi internasional, sulit untuk membuat perkiraan yang akurat karena perbedaan arah dan tingkat perkembangan di masa depan.

Kemungkinan  dapat membawa angin dan hujan dengan melewati dekat Honshu, atau mengaktifkan aktivitas front Baiu dan secara tidak langsung membawa hujan lebat ke Honshu, jadi perlu diperhatikan trennya. 

Topan tersebut akan terjadi untuk pertama kalinya dalam 10 hari sejak topan No. 4 yang terjadi pada Sabtu, 12 Juni lalu.

"Karena rata-rata jumlah topan pada bulan Juni adalah 1,7, maka tidak jarang terjadi beberapa topan. Bahkan jika topan selama periode ini tidak mendekati Jepang, udara hangat dan lembab dapat merangsang front Baiu dan membawa hujan lebat ke Jepang. Jadi kami perlu diwaspadai hal tersebut," ungkap sumber di lembaga geofisika Jepang Rabu (23/6/2021).

Nama Taifun No. 5 "Champi" adalah nama yang diusulkan oleh Laos, dan asalnya adalah bunga "melati merah".

Sementara itu Beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif dengan melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved