Breaking News:

Sayonara Telepon Umum Shinkansen Jepang, Mulai Besok Tak Beroperasi Lagi

JR5 dan NTT Communications mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri layanan telepon umum di Shinkansen pada 30 Juni 2021.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Telepon umum di dalam Shinkansen atau kereta peluru Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Telepon umum yang ada sejak 1964 di dalam kereta api peluru atau Shinkansen Jepang mulai besok, Rabu (30/6/2021) tak lagi beroperasi.

JR5 dan NTT Communications mengumumkan bahwa mereka akan mengakhiri layanan telepon umum di Shinkansen pada 30 Juni 2021.

Kereta ekspres terbatas konvensional JR dan jalur kereta api swasta telah dihapuskan pada Maret 2012, dan telepon umum akan menghilang dari dalam kereta api Jepang keseluruhan mulai besok.

Sama seperti telepon umum yang menghilang dari kota, jumlah pengguna telepon umum di kereta api telah menurun tajam, dan sudah lama tidak menguntungkan.

Alasan penghentian saat ini adalah pembangunan jaringan antena ponsel di sepanjang Shinkansen telah selesai di semua jalur termasuk bagian terowongan.

Telepon umum di dalam Shinkansen atau kereta peluru Jepang.
Telepon umum di dalam Shinkansen atau kereta peluru Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Bahkan jika terjadi keadaan darurat dan kereta berhenti di terowongan panjang seperti Terowongan Seikan, komunikasi dengan luar dapat dilakukan kapan saja menggunakan ponsel.

"Saat ini sangat sedikit sekali yang menggunakan telepon umum di dalam Shinkansen, sehari paling banyak 10 persen dari saat peak penggunaan telepon di masa lalu. Jadi sudah sangat tidak menguntungkan," ungkap Kimura, petugas bagian Service JR East kepada Tribunnews.com, Selasa (29/6/2021).

Di masa lalu, "telegram" adalah hal biasa

Sampai sekitar tahun 1970, telegram adalah alat komunikasi yang paling umum antara bagian dalam dan luar kereta api.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved