Breaking News:

Virus Corona

450 Warga Norwegia yang Divaksinasi, Kini Terinfeksi Covid-19

Institut Kesehatan Masyarakat Nasional (FHI) Norwegia melaporkan dari total warga yang divaksinasi penuh, 450 diantaranya telah didiagnosis terinfeksi

shutterstock
Ilustrasi Covid-19 Varian Delta 

TRIBUNNEWS.COM, OSLO - Institut Kesehatan Masyarakat Nasional (FHI) Norwegia melaporkan dari total warga yang divaksinasi penuh, 450 diantaranya telah didiagnosis terinfeksi virus corona (Covid-19). 

Menurut Kepala Dokter FHI Sara Viksmoen Wattle, 450 orang yang terinfeksi itu merupakan 0,03 persen dari mereka yang divaksinasi secara lengkap di negara tersebut.

"Kejadian infeksi diantara yang divaksinasi secara lengkap ini masih tergolong sangat rendah," kata Wattle.

Kendati demikian, Wattle dan Asisten Direktur Kesehatan Espen Rostrup Nakstad menekankan bahwa vaksin memang tidak memberikan perlindungan 100 persen terhadap infeksi Covid-19.

"Angka ini menegaskan bahwa efek vaksin terhadap Covid-19 tidak efektif 100 persen. Kita tahu bahwa sekitar satu dari sepuluh orang yang divaksinasi bisa saja terpapar virus setelah itu. Untungnya, hanya sedikit dari mereka yang mengalami penyakit serius, karena kebanyakan orang merasakan efek vaksin yang cukup baik," kata Nakstad.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (6/7/2021), dari 450 orang yang telah divaksinasi lengkap dan didiagnosis terinfeksi Covid-19, 26 diantaranya telah dirawat di rumah sakit.

Sementara itu, 21 diantaranya termasuk dalam kelompok dengan risiko tinggi hingga sedang, sebagian besar merupakan kelompok lanjut usia (lansia) karena berusia lebih dari 75 tahun.

Baca juga: 88 Tenaga Medis di Kota Sorong Terpapar Covid-19, 30 Orang Diantaranya Nakes Puskesmas

"Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa respons imun pada kelompok lanjut usia (lansia) setelah vaksinasi paling lemah. Oleh karena itu, kemungkinan besar orang yang lebih tua dapat terinfeksi setelah vaksinasi," jelas Nakstad.

Dari 19 kematian terkait Covid-19, 15 diantaranya masuk dalam kelompok risiko medis.

"Temuan ini sesuai dengan apa yang kami lihat selama tes vaksin dan dari data pemantauan dari negara lain. Vaksin Covid-19 memberikan perlindungan tingkat tinggi," papar Wattle.

Angka tersebut mengkonfirmasi bahwa diantara sedikit orang yang terinfeksi setelah divaksinasi, sebagian besar justru terlindungi secara baik dari penyakit serius.

"Pada saat yang sama, angka-angka ini mengingatkan kita bahwa beberapa orang yang divaksinasi lengkap juga dapat mengalami sakit parah dan meninggal saat virus itu menyebar di masyarakat yang belum mencapai herd immunity (kekebalan komunal)," tegas Nakstad.

Norwegia telah mencatat total 132.000 kasus Covid-19, dengan 794 kematian.

Sejauh ini, vaksinasi yang dilakukan negara itu mencapai 29,1 persen dari 5,3 juta penduduknya.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved