Breaking News:

Cerita Wamenlu, Niat Jadikan BDF 2020 Pembukaan Pariwisata Bali Tapi Ternyata Covid Masih Panjang

Salah satunya dengan menyelenggarakan gelaran konferensi internasional Bali Democracy Forum (BDF) ke-13 pada 10 Desember 2020 lalu.

Ist
Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar 

Cerita Wamenlu, Niat BDF 2020 Dijadikan Pembukaan Bertahap Pariwisata Bali Ternyata Covid Masih Panjang

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar menceritakan bagaimana Kementerian Luar Negeri (Kemlu) terus berupaya untuk membangkitkan ekonomi sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan menyelenggarakan gelaran konferensi internasional Bali Democracy Forum (BDF) ke-13 pada 10 Desember 2020 lalu.

“Saya masih ingat pada akhir tahun lalu, kami bersama dengan bapak kepala dinas (Bali) melakukan pembukaan konferensi dalam kaitan BDF yang merupakan upaya pemerintah lewat Kemlu RI untuk berjuang sampai last minute untuk melakukan hybrid international conference di Bali,” kata Wamenlu saat menjadi pembicara dalam webinar yang diselenggarakan Universitas Indonesia, Kamis (29/7/2021).

Mahendra bercerita pemerintah saat itu berekspektasi menjadikan BDF ke -13 menjadi awal pembukaan yang lebih sistematis dan luas.

Baca juga: Penerapan PPKM Berhasil Turunkan Kasus Covid-19 4 Provinsi Jawa-Bali

Pihaknya di Kemlu RI mengundang para Duta Besar untuk sekaligus mempromosikan pembukaan wisata sehat di Indonesia.

Namun yang terjadi malah sebaliknya, tidak ada yang menyangka dan memperkirakan jika saat itu mungkin adalah konferensi internasional yang terakhir yang dilakukan di Bali.

“Perencanaan dan desain awalnya menjadi awal pembuka kehidupan yang menuju bertahap (lebih normal). Namun realita yang harus dihadapi dan kenyataan pahitnya itu adalah konferensi internasional terakhir di Bali,” ujarnya.

Begitu beratnya kondisi saat ini. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved