Breaking News:

Serapan Tenaga Kerja Merosot Tajam, Ekonomi Amerika Serikat Masih Loyo 

Pengamat pasar modal Hans Kwee mengatakan, sepanjang Juli 2021, perekonomian Amerika Serikat (AS) hanya mampu menyerap 330.000 tenaga kerja. 

zoom-inlihat foto Serapan Tenaga Kerja Merosot Tajam, Ekonomi Amerika Serikat Masih Loyo 
ilustrasi pengangguran

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat pasar modal Hans Kwee mengatakan, sepanjang Juli 2021, perekonomian Amerika Serikat (AS) hanya mampu menyerap 330.000 tenaga kerja

Angka ini merosot tajam, lebih dari setengah jika dibandingkat bulan sebelumnya 680.000 tenaga kerja, serta jauh di bawah prediksi kenaikan menjadi 695.000. 

"Data pasar tenaga kerja masih sangat tidak stabil. Data yang terlalu bagus menaikan kekhawatiran The Fed merubah kebijakan moneternya, tapi data yang jelek menimbulkan kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi AS lemah," ujar dia melalui risetnya, Minggu (8/8/2021). 

Baca juga: Percepat Vaksinasi, Ditjen Dukcapil Kemendagri Jalin Kerja Sama Integrasikan Data Kependudukan

Sementara, laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan klaim tunjangan pengangguran AS untuk pekan yang berakhir hingga 31 Juli turun 14.000 menjadi 385.000 sejalan dengan perkiraan. 

Tingkat pemutusan hubungan kerja (PHK) menyusut ke posisi terendah dalam lebih dari 21 tahun pada bulan lalu, karena perusahaan mempertahankan pekerja di tengah kekurangan. 

Hans menambahkan, Kementerian Tenaga Kerja AS juga merilis pasar tenaga kerja menambahkan 943.000 lapangan pekerjaan selama Juli dan pengangguran menurun tipis. 

"Persentase pengangguran turun menjadi 5,4 persen di bawah perkiraan sebesar 5,7 persen," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved