Breaking News:
BBC

Viral insiden diplomat Nigeria dengan staf imigrasi Indonesia, Kemlu RI menyesalkan

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, menyatakan bahwa pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi lewat jalur diplomatik

Kementerian Luar Negeri Indonesia menyesalkan insiden yang melibatkan seorang diplomat Nigeria dengan petugas imigrasi di Jakarta 7 Agustus lalu. Namun, pemerintah Nigeria menyatakan tidak terima atas kekerasan yang dialami diplomatnya itu sehingga menarik duta besarnya di Jakarta.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, menyatakan bahwa pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi lewat jalur diplomatik dengan pemerintah Nigeria pasca-peristiwa tersebut.

Selain berlangsung pertemuan Dubes RI dengan Menlu Nigeria pada 10 Agustus, esoknya digelar pertemuan antara Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika dan Dirjen Protokol dan Konsuler Kemlu RI dengan Dubes Nigeria di Jakarta untuk "membahas hubungan baik kedua negara yang telah terjalin sampai saat ini."

"Kementerian Luar Negeri RI menyesalkan peristiwa tanggal 7 Agustus tersebut. Itu adalah insiden berdiri sendiri (isolated incident), sama sekali tidak terkait dengan komitmen pemerintah Indonesia dalam menjalankan kewajiban sebagai tuan rumah sesuai Konvensi Wina mengenai hubungan diplomatik," kata Faizasyah dalam pernyataan pers Kamis (12/08).

Dia juga menyatakan Kementerian Hukum dan HAM juga telah melakukan investigasi internal sebagai tidak lanjut atas terjadinya insiden tersebut.

Baca juga:

Sebelumnya, saat dimintai konfirmasi oleh BBC Indonesia apakah pemerintah Nigeria menarik dubesnya dari Jakarta terkait insiden, Faizasyah mengaku belum ada informasi. "Saya cek dulu."

Sebagaimana dikutip sejumlah media di Nigeria, Menlu Nigeria, Geoffrey Onyeama, menyatakan: "Yang kami telah putuskan untuk dilakukan adalah menarik duta besar kami di Jakarta, Indonesia, dan kami akan mengadakan konsultasi pada tingkat tertinggi dan memutuskan apa langkah-langkah selanjutnya yang akan diambil, termasuk meninjau hubungan kami dengan Indonesia."

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, mengatakan bahwa masalah itu telah diselesaikan.

"Masing-masing telah menyampaikan perdamaian dan masing-masing telah berjabat tangan. Imigrasi melakukan koordinasi internal guna meningkatkan standar operasional dan pengawasan orang asing.Persoalan ini sudah selesai dengan perdamaian," ujarnya dalam pernyataan pers Kamis (12/08).

Nigeria tuntut petugas imigrasi dihukum

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved